Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan

Berikut ini adalah berkas Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan Jilid 1 2 3. Download file PDF.

Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan
Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan

Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan

Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK. Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit di dapatkan di pasaran.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.


Buku Budidaya Ikan merupakan salah satu judul buku teks kejuruan yang akan digunakan oleh para pendidik dan peserta didik SMK dan lembaga pendidikan dan pelatihan lainnya. Buku teks kejuruan dalam bidang budidaya ikan saat ini belum banyak dibuat, yang beredar saat ini kebanyakan buku-buku praktis tentang beberapa komoditas budidaya ikan. Buku Budidaya Ikan secara menyeluruh yang beredar di masyarakat saat ini belum memenuhi kebutuhan sebagai bahan ajar bagi siswa SMK yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK.

Untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari isi buku, maka buku Budi Daya Ikan ini kami susun menjadi 2 (dua) jilid. Buku Budidaya Ikan Jilid 1 memuat 4 bab, yaitu Pendahuluan; Wadah Budidaya Ikan; Media Budidaya Ikan; serta Pengembangbiakan Ikan. Adapun untuk buku Budidaya Ikan Jilid 2 memuat 7 bab, yaitu Nutrisi Ikan; Teknologi Pakan Buatan; Teknologi Pakan Ikan Alami; Hama dan Penyakit Ikan; Pemasaran; Analisa Kelayakan Usaha Budidaya Ikan; serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Dengan melakukan budidaya ikan maka keberadaan ikan sebagai bahan pangan bagi masyarakat akan berkesinambungan dan tidak akan punah. Pada buku ini akan dibahas beberapa bab yang dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan budidaya ikan. Bab pertama berisi tentang wadah budidaya ikan, bab kedua berisi tentang media budidaya ikan, bab ketiga berisi tentang hama dan penyakit ikan, bab keempat berisi tentang nutrisi ikan, bab kelima berisi tentang teknologi pakan buatan, bab keenam berisi tentang teknologi pakan alami, bab ketujuh berisi tentang pengembangbiakan ikan, dan bab kedelapan berisi tentang hama dan penyakit ikan. Sedangkan materi penunjang seperti pemasaran, analisa usaha budidaya ikan dan kesehatan dan keselamatan kerja terdapat pada bab terakhir.

Agar dapat membudidayakan ikan yang berasal dari perairan tawar, payau maupun laut ada beberapa hal yang harus dipahami antara lain adalah memahami jenis-jenis wadah dan media budidaya ikan, pengetahuan tentang nutrisi ikan dan jenis-jenis pakan alami yang meliputi tentang morfologi, biologi, dan kebiasaan hidup. Selain itu pengetahuan teknis lainnya yang harus dipahami adalah tentang pengembangbiakan ikan mulai dari seleksi induk, teknik pemijahan ikan, proses pemeliharaannya sampai pemanenan ikan.

    Download Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Agroindustri Budi Daya Ikan ini silahkan lihat preview salah satu buku di sini dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    [Download] Buku SMK Agroindustri - Budidaya Ikan - Jilid 1.pdf
    [Download] Buku SMK Agroindustri - Budidaya Ikan - Jilid 3.pdf
    [Download] Buku SMK Agroindustri - Budidaya Ikan - Jilid 2.pdf

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel