Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Berikut ini adalah berkas Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Jilid 1 2 3. Download file PDF.

Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Pemerintah, dalam hal ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, telah melaksanakan kegiatan penulisan buku kejuruan sebagai bentuk dari kegiatan pembelian hak cipta buku teks pelajaran kejuruan bagi siswa SMK. Karena buku-buku pelajaran kejuruan sangat sulit didapatkan di pasaran.

Buku teks pelajaran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku ini merupa-kan buku pelajaran akuntansi yang berisi tentang materi pelajaran akuntansi tingkat dasar yang dirancang untuk para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Akuntansi.

Namun demikian, buku ini tidak menutup kemungkinan digunakan pula oleh para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau pihak lain atau pemula yang berminat untuk memahami akuntansi.

Karena penulis berharap bahwa buku ini bisa digunakan oleh berbagai pihak, maka penyampaian materi dalam buku inipun disusun secara sederhana. Dan dalam menyusun buku ini, penulis beranggapan bahwa para pembaca belum pernah mempelajari akuntansi.

Tujuan ditulisnya buku ini untuk: (1) menjelaskan kepada para pembaca tentang pengertian akuntansi, (2) memberikan pemahaman tentang siklus akuntansi dalam kaitannya untuk menyusun laporan keuangan perusahaan, (3) memberikan penjelasan tentang pengertian umum laporan keuangan yang dapat digunakan oleh para pengambil keputusan baik perusahaan maupun dalam kehidupan sehari-hari untuk dasar pengambilan keputusan keuangan, (4) menjelaskan tentang konsep-konsep yang mendasari perlakuan akuntansi atas suatu transaksi, (5) memberikan pengetahuan dasar yang kuat bagi para pembaca yang akan mempelajari akuntansi di tingkat lanjutan serta di bidang bisnis dan keuangan, dan (6) memberikan landasan yang kuat bagi para pembaca yang ingin mengembangkan karirnya di bidang akuntansi, bisnis dan keuangan.

Karena begitu kompleks dan banyaknya topik yang akan dibahas dalam buku ini, materi yang disajikan dalam buku ini disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Akuntansi. Penyajian buku ini terbagi kedalam 3 (tiga) bagian, yaitu buku ke 1 (satu) akan menjelaskan siklus akuntansi secara umum dan praktik siklus akuntansi pada perusahaan jasa, buku ke 2 (dua) berisi tentang akuntansi pada perusahaan dagang. Pembahasan pada buku 1 (satu) dan buku 2 (dua) menitik beratkan pada perusahaan perorangan, sedangkan buku ke 3 (tiga) menjelaskan tentang konsep dasar akuntansi, yakni konsep yang mendasari perlakuan akuntansi atas suatu transaksi.

Pemahaman tentang proses akuntansi yang terangkai dalam siklus akuntansi merupakan prasyarat untuk mempelajari masalah-masalah lain dalam bidang akuntansi. Pada buku satu, penulis sengaja memilih perusahaan jasa untuk menerapkan proses kegiatan dalam siklus akuntansi, karena transaksi- transaksi perusahaan jasa perorangan relatif sederhana dibandingkan dengan jenis perusahaan yang lainnya. Dengan demikian diharapkan bahwa pembaca akan lebih mudah memahami tahapan-tahapan kegiatan mulai dari pencatatan transaksi hingga menjadi sebuah laporan keuangan.

Diharapkan, dengan terbitnya buku ini, semoga bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan guru SMK se Indonesia program keahlian Akuntansi khususnya, dan para pembaca lainnya, untuk lebih memahami pelajaran akuntansi.

    Download Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan ini silahkan lihat preview salah satu buku di sini dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    [Download] Buku SMK Bisnis Manajemen - Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - Jilid 1.pdf
    [Download] Buku SMK Bisnis Manajemen - Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - Jilid 2.pdf
    [Download] Buku SMK Bisnis Manajemen - Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan - Jilid 3.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Bisnis Manajemen Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel