Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Modul-Pengelolaan-Kurikulum-Sekolah-(Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)
Modul-Pengelolaan-Kurikulum-Sekolah-(Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)

Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 38 Ayat (2) tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatur bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau Kantor Departemen Agama kabupaten/kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Berdasarkan amanat Undang-Undang tersebut ditegaskan bahwa kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan. Kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Kepala Sekolah/Madrasah bertanggung jawab atas tersusunnya KTSP, oleh karena itu penting bagi Kepala Sekolah memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan kurikulum. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, pada kompetensi managerial point 2.10 kepala sekolah harus memiliki kemampuan yaitu mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.

Modul Pengelolaan Kurikulum ini disusun untuk membantu Saudara dalam mengembangkan Buku I KTSP, Buku II KTSP (Silabus) dan Buku III (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi, kecakapan abad 21 (critical thinking, creative, collaborative, communication) dan Highers Order Thinking Skills (HOTS) dalam kurikulum satuan pendidikan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter khususnya integritas dan kemandirian.

Dalam melaksanakan kegiatan pada bahan pembelajaran ini, harus mempertimbangkan inklusi sosial tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, status sosial ekonomi, orang dengan HIV/AIDS dan yang berkebutuhan khusus. Inklusi sosial ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.

B. Target Kompetensi

Target kompetensi modul Pengelolaan Kurikulum adalah mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/ Madrasah pada kompetensi manajerial point: 2.10)

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari modul pengelolaan kurikulum Saudara diharapkan dapat:
  1. memperbaiki Buku I KTSP dengan penuh tanggung jawab
  2. memperbaiki Buku II KTSP dengan teliti
  3. memperbaiki III KTSP dengan kreativitas yang tinggi. 

D. Ruang Lingkup Materi dan Pengorganisasian Pembelajaran

1. Ruang Lingkup

Ruang lingkup materi modul pengelolaan kurikulum yang akan Saudara pelajari adalah :
  1. Buku I KTSP
  2. Buku II KTSP, dan
  3. Buku III KTSP
Pengorganisasian Pembelajaran

Melalui modul ini saudara akan melakukan kegiatan-kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat, diskusi kelompok dan presentasi. Secara umum modul ini terdiri atas:
  1. pendahuluan,
  2. kegiatan pembelajaran 1. Merancang Perbaikan Buku I KTSP,
  3. Kegiatan Pembelajaran 2. Merancang Perbaikan Buku I dan II KTSP dan diakhiri dengan
  4. bagian penutup . 

Pada setiap kegiatan pembelajaran, saudara akan melakukan aktivitas yang berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini dilaksanakan selama 2 JP (90 Menit).

E. Cara Penggunaan Modul
  1. Modul ini terdiri dari 4 bagian yaitu : Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran 1. Strategi Penyempurnaan Buku I, Kegiatan Pembelajaran 2. Strategi Penyempurnaan Buku II, dan Penutup
  2. Sebelum mempelajari modul pengelolaan kurikulum , Saudara harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut : a. Buku I KTSP yang dikembangkan oleh Sekolah Saudara b. Buku II KTSP yang dikembangkan oleh Sekolah Saudara c. Buku III KTSP yang dikembangkan oleh Sekolah Saudara d. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran e. Buku guru dan buku siswa f. Kalender Pendidikan g. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang standar Standar Kompetensi Lulusan h. Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi i. Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses j. Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian k. Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan danKebudayaan Nomor 24 Tahun 2007 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
  3. Saudara akan mempelajari modul pengelolaan kurikulum ini selama 2 Jam Pelajaran , satu jam pelajaran setara dengan 45 menit.
  4. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pendahuluan, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
  5. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan PPK, literasi, kecakapan abad 21 yakni 4 C (critical thingking, creative, collaboration, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).

    Download Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Pengelolaan Kurikulum Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel