Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Berikut ini adalah berkas Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD. Download file format PDF.

Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD
Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Model Contoh RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Model RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD:

Undang­-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir  14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut ialah menyusun rancangan pembelajaran yang holistik dan terintegratif dengan kegiatan sehari­hari anak.

Fakta di lapangan, penyusunan RPP dibuat hingga berlembar-­lembar dan memuat belasan kom­ponen sehingga dinilai tidak efektif. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-­langkah kegiatan, dan asesmen. Berkaitan dengan hal ini, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Salah satunya bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai contoh. Guru PAUD bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, holistik, dan berori­ entasi pada pengembangan potensi anak.

Model Contoh Format RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD ini berisi:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) PAUD
  1. RPPM Model Kelompok untuk TK A
  2. RPPM Model Kelompok untuk TK B
  3. RPPM Model Sentra untuk TK A
  4. RPPM Model Sentra untuk TK B
  5. RPPM Model Area untuk TK A
  6. RPPM Model Area untuk TK B
  7. RPPM Model Area untuk TK B

    Download Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    Download Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Model RPPM PAUD Resmi dari Pusat Kurikulum KEMENDIKBUD. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel