Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah

Berikut ini adalah berkas buku Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah. Download file format PDF.

Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah
Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah

Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas buku Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah:

Panduan penyusunan RENCANA INDUK REVITALISASI SMK (RIR SMK) ini disiapkan sebagai acuan bagi SMK dalam menyusun rencana program dan kegiatan revitalisasi sekolah. Panduan ini memuat prinsip-prinsip penyusunan RIR SMK secara ringkas untuk memudahkan sekolah dalam menuangkan rencana program dan kegiatan revitalisasi secara terstruktur dan sistematis mengikuti ketentuan yang ditetapkan Direktorat PSMK sehingga RIR SMK yang disusun dapat sesuai seperti yang diharapkan.

Isi panduan terdiri dan 4 (empat) bagian, Pertama adalah Kata Pengantar, Bagian Kedua penjelasan konsep Revitalisasi SMK, Bagian Ketiga Format RIR, dan Bagian Keempat Cara menyusun atau mengisi format RIR.

Dengan panduan penyusunan RIR SMK ini diharapkan akan menghasilkan rencana pengembangan SMK yang ideal dan terstandar, dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif, memudahkan memonitor/supervisi dan atau mengukur tingkat kemajuannya, mengetahui dengan segera permasalahan/hambatan yang terjadi dan mudah untuk mengetahui hasil akhirnya serta memudahkan melihat dampak hasil revitalisasi baik jangka pendek maupun panjang.

Revitalisasi merupakan transformasi strategi pembenahan SMK yang disusun berdasarkan masukan, saran dan kritikan yang selama ini ada, dengan tujuan utama memperkuat kinerja SMK sehingga mampu meningkatkan kebekerjaan lulusannya, dan keberadaanya juga sebagai daya dukung dan penopang peningkatan ekonomi daerahnya terutama keunggulan lokal dan budaya, dengan basis dari bawah, atau 'bottom up approach'.

Selama ini program penmgkatan/pengernbangan SMK dilakukan hanya menggunakan 'Single Treatment' atau 1 (satu) kegiatan/aspek/komponen misalnya pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) saja: atau pengadaan peralatan praktek saja; atau pelatihan beberapa guru saja sehingga hasil akhir pengembangannya tidak tuntas menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan program Revitalisasi SMK, semua komponen pendidikan yang ada di sekolah akan dibenahi sampai selesai secara tuntas, dan ini merupakan pendekatan baru yaitu "multi - treatments". Revitalisasi juga diawali dengan "Re-focus", penajaman atau penataan Bidang/Program/Kompetensi Keahlian yang ada, setiap kompetensi dibuka harus terkait dengan kebutuhan dengan kebutuhan tenaga kerja di DUDI baik global atau internasional, nasional atau lokal. Dengan demikian revitalisasi juga akan menghasilkan "deman driven" membuka secara murni yang selama ini diinginkan masyarakat. Dengan hanya membuka Bidang/Program/Kompetensi Keahlian yang benar-benar sesuai dan menunjang kebutuhan ketenagakerjaan yang ada, berarti merupakan jaminan lulusan SMK akan mempunyai peluang besar untuk bekerja.

Sebagai upaya untuk merealisasikan maksud tersebut, setiap SMK yang ditunjuk dan ditetapkan untuk melaksanakan revitalisasi sekolahnya perlu mempunyai Rencana Induk Revitalisasi SMK atau disingkat RIR SMK yang memuat rencana kegiatan atau program revitalisasi setiap komponen pendidikan yang ada di sekolahnya dengan sistem strategi yang telah ditetapkan.

Panduan ini merupakan acuan SMK dalam menyusun RIR SMK agar menghasilkan keseragaman pola dan kejelasan program kegiatan revitalisasi yang akan dilakukannya sehingga memudahkan dalam mengimplementasikan, mengukur tingkat kemajuannya serta menjamin keberhasilannya.

    Download Buku Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas buku Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah.pdf
    Pedoman RIR SMK Pengembangan Fasilitas Sarana dan Prasarana SMK.pdf

    Sumber: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file buku Panduan Rencana Induk Revitalisasi (RIR) SMK Tingkat Sekolah. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel