Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah

Berikut ini adalah berkas Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Download file format PDF.

Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah
Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah

Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah:

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Perencanaan adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai pengendali manajemen di lingkungan sekolah. Perencanaan juga memegang peran penting dalam upaya kemajuan sekolah. Rencana merupakan blue print sebuah sekolah, mau dibawa kemana perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang Saudara pimpin. Pencanaan yang baik pada suatu kegiatan adalah awal dalam meraih sebuah kesuksesan. Sehingga dalam membuat perencanaan harus menggunakan data, fakta dan estimasi yang ada dasarnya. Untuk itu Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang telah dibuat sebagai landasan dalam penyusunan rencana kerja sekolah.

Permendiknas No.19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menjelaskan bahwa Rencana Kerja Sekolah (RKS) terdiri atas Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai sekolah dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan, dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) merupakan kegiatan sekolah selama satu tahun yang tidak lepas dari RKJM. Penganggaran RKT dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). RKJM, RKT dan RKAS merupakan pedoman bagi kepala sekolah beserta tim pengembang sekolah dalam mengelola sekolah untuk selalu mengembangkan mutu pendidikan.

RKS memberikan banyak peluang bagi Saudara sebagai kepala sekolah dalam mengelola segala sumberdaya yang ada di sekolah dengan cara yang terbaik, efektif dan efisien, untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

Modul ini disusun untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam proses penyusunan rencana kerja sekolah yang dikembangkan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan, yang akan membantu Saudara dalam mengkaji rencana kerja sekolah.

B. Target Kompetensi

Setelah mempelajari modul Pengembangan RKS ini, saudara mampu:
  1. menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan (Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, kompetensi 2.1); dan
  2. mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan (Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, kompetensi 2.2).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator pencapaian kompetensi dari pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
  1. Peserta mampu mengidentifikasi konsep penyusunan RKS dengan jelas.
  2. Peserta mampu menganalisis prosedur penyusunan RKS.
  3. Peserta mampu menganalisis target capaian.
  4. Peserta mampu mengklarifikasi ukuran keberhasilan pengembangan rancangan RKS sesuai jenjang satuan pendidikan.

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran

Ruang lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran Pengembangan RKS sebagai berikut:
  1. Rencana Kerja Sekolah
  2. Pengembangan RKS 

E. Cara Penggunaan Modul

Modul RKS ini berisi pembelajaran tentang bagaimana memahami RKS (RKJM dan RKT) yang ada dengan memahami prosedur pengembangan RKS, dan mengembangkan RKS melalui kajian RKS model,

1) Sebelum mempelajari modul ini, saudara harus memiliki dan mengkaji dokumen-dokumen sebagai berikut:
a. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
d. Dokumen RKS milik sekolah sendiri atau contoh dari sekolah lain.

2) Modul ini berkaitan dengan modul yang lain yaitu:
a. Teknik Analisis Manajemen (TAM)
b. Pengelolaan Keuangan

3) Waktu yang digunakan untuk mempelajari modul ini adalah 6 Jam Pembelajaran (JP) @ 45 menit.

4) Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pengantar Bahan Pembelajaran, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK).

5) Saudara bersama kepala sekolah yang lain akan difasilitasi oleh Pengajar untuk mengenal modul ini secara umum dan menyiapkan dasar pengetahuan dan keterampilan saudara sebagai bekal untuk diimplementasikan di sekolah Saudara.

    Download Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah)  - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Pengembangan RKS (Rencana Kerja Sekolah) - Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel