Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)
Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Pada era digitalisasi informasi dan tuntutan persaingan global dewasa ini memberikan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah (satuan pendidikan) sebagai ujung tombak pelaku penyelenggaraan pendidikan. Hal ini memerlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi bagi kepala sekolah agar selalu dapat melihat dan melakukan pengembangan sekolah seiring dengan tuntutan dan perkembangan peradaban manusia pada masanya. Dalam upaya tersebut tentunya kepala sekolah sebagai pelaku penyelenggaraan pendidikan harus dapat melakukan analisis manajemen yang meliputi faktor internal maupun eksternal.

Analisis manajemen yang meliputi faktor internal maupun eksternal diperlukan saat sekolah melaksanakan siklus pemetaan mutu pada Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan kegiatan utamanya adalah melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) dengan cara mengisi instrumen pemetaan mutu menggunakan aplikasi pemetaan mutu. Dari kegiatan ini dihasilkan rapor mutu yang menggambarkan capaian SNP di satuan pendidikan sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan sekolah. Hasil analisis rapor mutu inilah dikembangkan rencana pengembangan sekolah.

Kegiatan analisis membutuhkan alat atau teknik analisis yang tepat. Dalam melakukan analisis yang lengkap sampai pada proses pengambilan keputusan yang rasional, logis dan dalam menentukan cara yang tepat,untuk mencapainya dibutuhkan beberapa alat analisis. Ada ragam alat analisis yang dapat digunakan dalam melakukan kegiatan analisis manajemen. salah satu alat yang digunakan adalah teknik analisis Strength Weakness, Opportunity Threats (SWOT).

Modul ini membekali peserta agar dapat menyusun teknik analisis manajemen (TAM) dengan fokus pada analisis SWOT. Selanjutnya membekali peserta agar dapat membangun SPMI dengan fokus pada siklus pemetaan mutu, dimana kegiatannya adalah melakukan EDS, menganalisis rapor mutu, membuat rencana pemenuhan mutu, melaksanakan pemenuhan mutu, evaluasi/audit pemenuhan mutu dan penetapan standar mutu. Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada bahan ajar ini adalah kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip), integritas (sub nilai tanggungjawab), dan gotong royong (sub nilai kerjasama dan aktif berdiskusi).

B. Target Kompetensi

Setelah memelajari modul Teknik Analisis Manejemen (TAM) ini saudara diharapkan mampu Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Kondisi sekolah dianalisis menggunaan teknik SWOT.
  2. Raport mutu dianalisis melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS).

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran

1. Ruang Lingkup
a. Teknik analisis Strength Weakness, Opportunity Threats (SWOT)
b. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

2. Pengorganisasian Pembelajaran
Melalui modul ini Saudara akan melakukan kegiatan-kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat, diskusi kelompok dan presentasi. Secara umum modul ini terdiri dari 4 bagian yakni:
a. Pendahuluan,
b. Kegiatan pembelajaran 1. Teknik Analisis Manajemen,
c. Kegiatan Pembelajaran 2. Sistem penjaminan Mutu Internal 
d. penutup.

Pada setiap kegiatan pembelajaran, Saudara akan melakukan aktivitas yang berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini dilaksanakan selama 3 JP (135 Menit).

E. Cara Penggunaan Modul

Modul Teknik Analisis Manajemen ini berisi pembelajaran tentang bagaimana memahami analisis SWOT sebagai salah satu teknik analisis manajemen dan SPMI.

1. Sebelum mempelajari modul ini, Saudara harus memiliki dan mengkaji dokumen-dokumen sebagai berikut.
a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
c. Dokumen Rapor Mutu sekolah sendiri atau contoh dari sekolah lain.

2. Modul ini berkaitan dengan modul yang lain yaitu:
a. Pengembangan RKS
b. Pengelolaan Keuangan

3. Waktu yang dipergunakan untuk mempelajari modul ini adalah 3 Jam Pelajaran (JP) @ 45 menit.

4. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pengantar modul, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK).

5. Saudara bersama kepala sekolah yang lain akan difasilitasi oleh Pengajar untuk mengenal modul ini secara umum dan menyiapkan dasar pengetahuan dan keterampilan Saudara sebagai bekal untuk diimplementasikan di sekolah Saudara.

6. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21 yakni literasi, PPK , 4C (critical thingking, creative, collaboration, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).

    Download Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Teknik Analisis Manjemen Kepala Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel