Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)
Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Modul pengelolaan keuangan ini dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepala sekolah dalam mengelola keuangan sekolah yang sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien sesuai dengan tuntutan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan sekolah, maka kepala sekolah harus memahami serangkaian proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan monitoring serta evaluasi penggunaan keuangan yang sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pengelolaan keuangan sekolah yang memperhatikan regulasi dan dilaksanakan secara akuntabel, transparan, dan efisien akan menciptakan suasana sekolah yang kondusif bagi peningkatan kinerja dan kualitas sekolah. Selain itu kepercayaan stake holder terhadap pengelolaan keuangan sekolah dapat meningkat, yang berimplikasi pada adanya kepedulian untuk membantu penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Hal ini akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa tanpa memperhatikan perbedaan jenis kelamin dengan mempertimbangkan perlindungan keamanan dan kesejahteraan anak, serta memperhatikan anak yang berkebutuhan khusus.

Modul ini disusun dengan mengintegrasikan nilai religiusitas dengan sub nilai peduli dan percaya diri, dan nilai integritas dengan sub nilai jujur dan tanggungjawab disertai kesadaran penuh untuk melakukan pengembangan sekolah melalui pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan, dan efisien. Tindakan tersebut merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

B. Target Kompetensi

Setelah mempelajari modul pengelolaan keuangan ini Saudara diharapkan mampu mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan dan efisien (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, kompetensi 2.11).

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajari modul pengelolaan keuangan diharapkan Saudara dapat:
  1. menguraikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan;
  2. menganalisis rencana kerja sekolah;
  3. menganalisis kegiatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan;
  4. mengelola keuangan sekolah dengan prinsip akuntabilitas, transparansi dan efisiensi;
  5. melaporkan kegiatan pengelolaan keuangan sekolah secara tansparan;
  6. menghitung pajak yang harus disetor berdasarkan aturan perpajakan dalam pengelolaan dana sekolah;

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran

1. Ruang lingkup
Ruang lingkup pengelolaan keuangan sekolah meliputi:
a. Pengelolaan keuangan sekolah
b. Perpajakan

2. Pengorganisasian pembelajaran
Melalui modul ini, Saudara bersama peserta yang lain akan melakukan kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat dan diskusi. Pada setiap kegiatan pembelajaran, Saudara akan melakukan aktivitas yang berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini disajikan selama 3 JP (135 Menit).

E. Cara Penggunaan Modul

1. Modul ini terdiri atas 3 bagian utama, yaitu Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran dan Penutup.

2. Kegiatan pembelajaran meliputi:
a. Kegiatan Pembelajaran 1. Pengelolaan Keuangan
b. Kegiatan Pembelajaran 2. Perpajakan.

3. Setiap kegiatan pembelajaran menyajikan informasi tentang:
a. Tujuan pembelajaran
b. Indikator pencapai tujuan
c. Materi pembelajaran dan Sumber Belajar
d. Aktivitas pembelajaran
e. Penguatan
f. Rangkuman
g. Refleksi dan tindak lanjut h. Evaluasi.

4. Sebelum mempelajari modul pengelolaan keuangan, Saudara harus mempersiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tentang Standar Biaya Operasi Nonpersonalia Tahun 2009 untuk SD/M, SMP/MTS, SMA/MA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB.
c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
d. Lampiran VIII Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang tentang Standar Biaya Operasi Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
e. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 31 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan Penyetoran dan Pelaporan Pajak Pengasilan Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan Pasal 26 Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa dan Kegiatan Orang Pribadi.

5. Waktu untuk mempelajari modul Pengelolaan Keuangan adalah 3 Jam Pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit.

6. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pendahuluan, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.

7. Aktivitas pembelajaran dilaksanakan melalui berbagai strategi seperti berpikir reflektif, tanya jawab, diskusi, studi dokumen, studi kasus, kerjasama tim, presentasi laporan, refleksi dan kegiatan lain yang relevan.

8. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21 yakni literasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (critical thinking, creativity, collaborative, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS).

    Download Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Pengelolaan Keuangan Sekolah (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel