Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013

Berikut ini adalah berkas Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013. Download file format PDF.

Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013
Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013

Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013:

Diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan - Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018

Pendidikan kesetaraan sebagai pendidikan alternatif memberikan layanan kepada mayarakat yang karena kondisi geografis, sosial budaya, ekonomi dan psikologis tidak berkesempatan mengikuti pendidikan dasar dan menengah di jalur pendidikan formal. Kurikulum pendidikan kesetaraan dikembangkan mengacu pada kurikulum 2013 pendidikan dasar dan menengah hasil revisi berdasarkan peraturan Mendikbud No.24 tahun 2016. Proses adaptasi kurikulum 2013 ke dalam kurikulum pendidikan kesetaraan adalah melalui proses kontekstualisasi dan fungsionalisasi dari masing-masing kompetensi dasar, sehingga peserta didik memahami makna dari setiap kompetensi yang dipelajari.

Pembelajaran pendidikan kesetaraan menggunakan prinsip flexible learning sesuai dengan karakteristik peserta didik kesetaraan. Penerapan prinsip pembelajaran tersebut menggunakan sistem pembelajaran modular dimana peserta didik memiliki kebebasan dalam penyelesaian tiap modul yang di sajikan. Konsekuensi dari sistem tersebut adalah perlunya disusun modul pembelajaran pendidikan kesetaraan yang memungkinkan peserta didik untuk belajar dan melakukan evaluasi ketuntasan secara mandiri.

Tahun 2017 Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mengembangkan modul pembelajaran pendidikan kesetaraan dengan melibatkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, para akademisi, pamong belajar, guru dan tutor pendidikan kesetaraan. Modul pendidikan kesetaraan disediakan mulai paket A tingkat kompe- tensi 2 (kelas 4 Paket A). Sedangkan untuk peserta didik Paket A usia sekolah, modul tingkat kompetensi 1 (Paket A setara SD kelas 1-3) menggunakan buku pelajaran Sekolah Dasar kelas 1-3, karena mereka masih memerlukan banyak bimbingan guru/tutor dan belum bisa belajar secara mandiri.

Modul Dinamis: Modul ini merupakan salah satu contoh bahan ajar pendidikan kesetaraan yang berbasis pada kompetensi inti dan kompetensi dasar dan didesain sesuai kurikulum 2013. Sehingga modul ini merupakan dokumen yang bersifat dinamis dan terbuka lebar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah masing-masing, namun merujuk pada tercapainya standar kompetensi dasar.

Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI 

Rasional

Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup materi yang saling berhubungan dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) peserta didik. Kompetensi sikap secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia agar peserta didik mampu mengembangkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap berkomunikasi yang diperlukan peserta didik dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.

Kompetensi yang Diharapkan Setelah Peserta Didik Mempelajari Bahasa Indonesia Paket A di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan peserta didik mampu:
  1. Berbahasa Indonesia dengan penekanan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis.
  2. Mengembangkan kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakterisƟk: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi.
  3. Berkomunikasi dalam bentuk tulisan, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, bunyi, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).

Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia di Paket A

Mata pelajaran Bahasa Indonesia diberikan sejak Paket A hingga Paket C. Pada Paket A Tingkatan I Setara Kelas I, II, dan II SD/MI mata pelajaran Bahasa Indonesia mengintergrasikan muatan IPA dan IPS. Untuk Tingkatan V dan VI Setara kelas X, XI, dan XII SMA/MA/SMK/MAK, mata Pelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan untuk mata pelajaran Wajib dan mata pelajaran Peminatan.

Kerangka pengembangan kurikulum Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Pengembangan kompetensi kurikulum Bahasa Indonesia ditekankan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Pengembangan kemampuan tersebut dilakukan melalui berbagai teks. Dalam hal ini teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan memiliki tujuan sosial. Kegiatan komunikasi dapat berbentuk tulisan, lisan, atau multimodal (teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, bunyi, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer);
  2. Kompetensi dasar yang dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan Peserta didik dalam mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Untuk mencapai kompetensi tersebut Peserta didik melakukan kegiatan berbahasa dan bersastra melalui aktivitas lisan dan tulis, cetak dan elektronik, laman Ɵga dimensi, serta citra visual lain;
  3. Lingkup materi mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkatan I sampai dengan Tingkatan XII atau setara dengan kelas I SD/MI sampai dengan kelas XII SMA/MA merupakan penjabaran 3 lingkup materi: bahasa, sastra, dan literasi;
  4. Teks dalam pendekatan berbasis genre bukan diartikan--istilah umum-- sebagai tulisan berbentuk artikel. Teks merupakan perwujudan kegiatan sosial dan bertujuan sosial, baik lisan maupun tulis.

    Download Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Tingkatan II Tema 1 Indahnya Kebersamaan.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Tingkatan II Tema 2 Profesi dan Pekerjaan di Sekitar Kita.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Tingkatan II Tema 3 Peralatan Rumah Tangga.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Tingkatan II Tema 5 Katakan dengan Puisi.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas V Tema 6 Buku Jendela Ilmu.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas V Tema 7 Kau Idolaku.pdf
    [Download]  Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas V Tema 8 Kampung Halamanku.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas V Tema 9 Iklan Menarik Produk Laris.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas V Tema 10 Menyibak Ilmu Pengetahuan di Sekitar Kita.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas VI Tema 11 Waspada Bencana.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas VI Tema 12 Aku Berani Berbicara di Depan Umum.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas VI Tema 13 Pahlawanku Kebanggaanku.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas VI Tema 14 Pengetahuanku Semakin Bertambah.pdf
    [Download] Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kelas VI Tema 15 Peluang di Sekitar Kita.pdf
    [Download] Modul Pendidikan Kesetaraan PAKET A Kurikulum 2013.pdf
    [Download] Modul Silabus PAKET A Setara SD MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Bahasa Indonesia PAKET A Setara SD MI Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel