Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan

Berikut ini adalah berkas Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan. Download file format PDF.

Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan
Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan

Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan:

Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan ini adalah salah satu buku Seri Pertanian Perkotaan, diterbitkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Tahun 2018.

Pengantar

Kelinci merupakan salah satu ternak yang cocok untuk dipelihara di wilayah perkotaan. Kandungan proteinnya yang tinggi, membuat kelinci mulai dilirik penikmat daging dan pelaku bisnis untuk membudidayakannya karena adanya larangan untuk beternak unggas di wilayah Jakarta berdasarkan Perda Provinsi DKI No. 4/2007. Sebagai alternatif sumber protein hewani, daging kelinci mempunyai tekstur halus dan berwarna putih.

Pemeliharaan ternak kelinci dapat dilakukan di pekarangan rumah. Biaya pemeliharaannya pun cukup murah, karena pakan kelinci dapat berupa hijauan atau limbah sayuran dari sampah rumah tangga.

Buku kecil ini berisi pedoman teknis teknologi budidaya kelinci di perkotaan. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat, baik bagi para penyuluh, peternak, maupun masyarakat umum yang tertarik untuk melakukan budidaya ternak kelinci.

Latar Belakang

Dunia peternakan tidak sesederhana seperti yang terlihat. Berbagai tantangan harus dihadapi sejalan dengan beragam kebutuhan yang berkaitan dengan peternakan. Tantangan-tantangan tersebut diantaranya peningkatan kebutuhan pangan (termasuk dari protein hewani dan kebutuhan pekerjaan), globalisasi pasar (yang berdampak pada kompetisi), efisiensi produksi dan produk  bermutu, serta kebutuhan devisa dimana harus tercipta produk ekspor.

Di antara berbagai komoditas ternak yang tersedia, kelinci mempunyai keunggulan dalam mewujudkan suatu agribisnis. Kelinci memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang biak dengan cepat, baik melalui pola usaha skala rumah tangga maupun skala industri.

Ternak kelinci dapat dijadikan sebagai alternatif penyedia daging yang perlu dipertimbangkan di masa mendatang. Daging kelinci merupakan salah satu daging berkualitas baik dan layak dikonsumsi oleh berbagai kelas lapisan masyarakat. Bahkan, jika dibandingkan dengan kondisi daging ayam, baik itu dari segi aroma, warna daging, maupun dalam berbagai bentuk masakan, tidak ditemukan perbedaan yang nyata.

Pedoman teknologi budidaya ternak kelinci yang baik perlu disusun sebagai acuan bagi para peternak dan petugas teknis di daerah. Pedoman tersebut akan memudahkan peternak dan petugas teknis dalam melaksanakan kegiatan usaha budidaya, pendampingan, maupun pengawasan, agar sesuai dengan peraturan yang berlaku di bidang peternakan. 

Maksud dan Tujuan

1. Maksud
  • Bagi para peternak kelinci diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan budidaya kelinci yang baik dan menguntungkan.
  • Bagi instansi yang menangani fungsi peternakan dan kesehatan hewan di daerah, sebagai pedoman dalam melakukan bimbingan dan pengawasan dalam usaha budidaya kelinci yang baik.

2. Tujuan
  • Meningkatkan populasi, produksi dan produktivitas ternak; serta mutu hasil ternak;
  • Mendukung ketersediaan pangan asal kelinci melalui usaha budidaya yang ramah lingkungan;
  • Menciptakan lapangan pekerjaan dan peluang usaha untuk pendapatan peternak.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup yang diatur dalam Pedoman ini meliputi: sarana dan prasarana; tenaga kerja; proses produksi; pelestarian lingkungan; pencacatan dan pelaporan.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI 
BAB I. PENDAHULUAN
BAB II. SARANA DAN PRASARANA
BAB III. TENAGA KERJA
BAB IV. PROSES PRODUKSI
BAB V. PENGELOLAAN LINGKUNGAN
BAB VI. PENGAWASAN DAN PELAPORAN
BAB VII. PENUTUP

    Download Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman Teknologi Budidaya Kelinci di Perkotaan. Semoga bisa bermanfaat.

    Kami rekomendasikan kepada Anda beberapa berkas dan buku lainnya:

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel