Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2

Berikut ini adalah berkas Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid (Semester) 1 dan 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2
Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2

Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013:

Deskripsi
Perkembangan teknologi komputer telah memicu lembaga bisnis untuk menerapkan sistem informasi di segala bidang, termasuk bidang akuntansi. Penerapan komputer di bidang akuntansi ini semakin luas berkembang dikarenakan banyaknya software aplikasi komputer akuntansi yang tersedia di masyarakat. Justru permasalahan pokok yang dihadapi oleh lembaga bisnis adalah kurang tersedianya tenaga kerja yang kompeten dalam pengoperasian komputerisasi akuntansi.

Dalam kurikulum 2013 khususnya untuk paket keahlian akuntansi peserta didik dituntut memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang konsisten dari waktu ke waktu dalam pengoperasian aplikasi komputer akuntansi. Sebagian kompetensi dasar dalam mata pelajaran Komputer Akuntansi menuntut peserta diklat untuk menguasai kompetensi secara utuh mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi pada perusahaan jasa. Apakah perusahaan jasa itu? Perusahaan jasa adalah perusahaan yang usaha pokoknya ditujukan untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan melalui pelayanan jasa tertentu.

Tidak jarang lembaga bisnis harus mengeluarkan biaya pelatihan yang cukup besar untuk menyiapkan tenaga operator komputer akuntansi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga penyedia calon tenaga kerja tingkat menengah tanggap terhadap tuntutan industri.

Keuntungan menerapkan komputer akuntansi pada perusahaan jasa diantaranya adalah mengurangi penggunaan kertas-kertas (paperless) sehingga pada gilirannya akan mengurangi beban alat tulis kantor (atk) atau beban perlengkap-an (supplies). Disamping itu keuntungan penerapan komputer di bidang akuntansi adalah jaminan untuk kecepatan dan ketepatan.

Kecepatan karena sebagian besar pekerjaan akuntansi diambil alih oleh komputer dan dikerjakan dengan cepat.

Tugas operator hanyalah sebatas data entri, sementara tugas selanjutnya termasuk penyusunan laporan keuangan dikerjakan oleh komputer. Selama data yang dientri ke komputer data yang benar maka maka hasilnyapun akan benar atau tepat.

Aktivitas komputer akuntansi perusahaan jasa mengarah pada data entri transaksi keuangan yang terjadi pada perusahaan jasa sejak awal periode sampai dengan proses penyiapan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi. Aktivitas ini secara keseluruhan meliputi:
  1. Menyiapkan data awal;
  2. Membuat daftar akun;
  3. Menyesuaikan pajak;
  4. Meng-entry saldo awal;
  5. Mencatat Kas Keluar;
  6. Mencatat Kas Masuk;
  7. Mencatat entri penyesuaian;
  8. Menampilkan laporan keuangan;
  9. Membuat backup file.

Prasyarat
Untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari buku ini, maka terlebih dahulu dipersyaratkan telah menguasai kompetensi dasar yang ada dalam mata pelajaran:
  1. Pengantar Akuntansi dan Keuangan
  2. Akuntansi Perusahaan Jasa

Petunjuk Penggunaan Buku Siswa
Buku Komputer Akuntansi 1 disusun untuk peserta didik, guna mendukung mata pelajaran Komputer Akuntansi di kelas XI semester I pada paket keahlian Akuntansi.

Dalam buku ini terdapat 9 (sembilan) kegiatan belajar. Disarankan kepada peserta didik untuk mempelajari buku ini secara urut agar lebih mudah memahaminya.

Agar aktivitas peserta didik lebih terarah dan lebih lancar dalam pencapaian kompetensi maka disarankan untuk mengikuti petunjuk-petunjuk berikut ini:
  1. Bacalah dengan cermat peta kedudukan modul, prasyarat dan pengertian dari istilah-istilah penting dalam buku ini.
  2. Untuk setiap kegiatan belajar, bacalah dengan cermat rumusan tujuan pembelajaran yang memuat pengetahuan dan kinerja yang diharapkan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui modul ini.
  3. Pahami dengan baik uraian materi pada setiap kegiatan belajar termasuk kasus yang diberikan. Diskusikan dengan sesama peserta didik, uraian atau bagian dari kasus yang sulit dipahami. Bila masih ragu, maka tanyakanlah pada guru sampai paham.
  4. Ikuti langkah-langkah pemecahan kasus seperti yang tertulis di setiap kegiatan belajar. Lakukan ini bersama-sama dalam kelompok kecil. Bila mengalami kesulitan diskusikan dengan anggota kelompok. Jika masih ragu, maka tanyakanlah pada guru sampai jelas.
  5. Kerjakan tugas-tugas, dan jawablah pertanyaan tes, kemudian cocokkan dengan kunci jawaban. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.
  6. Setelah kamu menuntaskan satu kegiatan belajar selanjutnya pelajari kegiatan belajar berikutnya secara urut.
  7. Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan pada kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai secara tuntas materi pada kegiatan belajar sebelumnya.
  8. Setelah semua kegiatan belajar tuntas dipelajari maka ajukan diri untuk melaksanakan evaluasi penyelesaian buku 1. Pelaksanaan evaluasi ini bisa dikerjakan secara individu atau klasikal. Jika hasilnya memuaskan dapat melanjutkan kegiatan belajar di buku 2. 

Tujuan Akhir
Spesifikasi kompetensi yang diharapkan dikuasai setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini adalah dengan diberikan kasus-kasus akuntansi perusahaan jasa peserta didik dapat menyelesaikan proses komputer akuntansi sampai dengan akhir periode, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan sesuai dengan permintaan.

    Download Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013 ini silahkan lihatdan unduh buku pada link di bawah ini:

    Download File:
    Download Buku SMK MAK K13 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen - Komputer Akuntansi XI - 1.pdf
    Download Buku SMK MAK K13 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen - Komputer Akuntansi XI - 2.pdf
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI Jilid 1 dan 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga:
    Kami rekomendasikan beberapa buku dan berkas penting lainnya terkait dengan pelajaran Komputer Akuntansi untuk SMK MAK, di bawah ini.
    1. KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI SMK/MAK HUP [ORIGINAL] Baca Selengkapnya
    2. Buku Pelajaran SMK Kelas XII - Komputer Akuntansi Baca Selengkapnya
    3. Buku Pelajaran SMK Kelas XI - Komputer Akuntansi Baca Selengkapnya
    4. BUKU ORI KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) SMK/MAK KLS XI KUR - 13 ED.REVISI BUMI AKSARA SMK Baca Selengkapnya
    5. BUKU ORI KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) SMK/MAK KLS XII KUR - 13 ED. REVISI BUMI AKSARA SMK Baca Selengkapnya
    6. BUKU ORI KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XII SMK/MAK HUP Baca Selengkapnya
    7. BUKU ORI KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI SMK/MAK HUP Baca Selengkapnya
    8. KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) SMK/MAK KLS XII KUR - 13 ED. REVISI BUMI AKSARA SMK [ORIGINAL] Baca Selengkapnya
    9. KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) SMK/MAK KLS XI KUR - 13 ED.REVISI BUMI AKSARA SMK [ORIGINAL] Baca Selengkapnya
    10. KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XII SMK/MAK HUP [ORIGINAL] Baca Selengkapnya
    11. Buku Komputer Akuntansi SMK Kelas XII Kurikulum Revisi 2013 - Agus Mulyono Baca Selengkapnya
    12. Buku Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII - Agus Mulyono Baca Selengkapnya
    13. Buku Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI - Agus Mulyono Baca Selengkapnya
    14. Buku Komputer Akuntansi SMK Kelas XI Kurikulum Revisi 2013 - Agus Mulyono Baca Selengkapnya
    15. Buku SMK - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 1, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    16. Buku SMK - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 2, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    17. Komputer Akuntansi Myob SMK: Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB Versi 18 Baca Selengkapnya
    18. Buku LKS KOMPUTER AKUNTANSI Kelas 11 dan 12 SMK / MAK - Bisnis & MANAJEMEN - KURIKULUM 2013 - MODUL Baca Selengkapnya
    19. Komputer Akuntansi Kelas XI SMK-C3 [K13-REV] Baca Selengkapnya
    20. Komputer Akuntansi 2B SMK kelas 3 k13 Baca Selengkapnya
    21. Promo Komputer Akuntansi pada Perusahaan Dagang dengan MYOB SMK KI-KD Baca Selengkapnya
    22. Komputer Akuntansi SMK Kelas XI Kurikulum Revisi 2013 Baca Selengkapnya
    23. Komputer akuntansi pada perusahaan dagang dengan MYOB kelas 2 SMK/mak (xi) erlangga k13 revisi KI-KD Baca Selengkapnya
    24. KOMPUTER AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG MYOB SMK KLS XI/KIKD17 Baca Selengkapnya
    25. Komputer Akuntansi SMK MAK Kelas XI dan XII (pilih kelas) Baca Selengkapnya
    26. Buku Komputer Akuntansi untuk SMK Kelas XI Baca Selengkapnya
    27. Komputer Akuntansi pada Perusahaan Dagang dengan Accurate SMK Baca Selengkapnya
    28. Buku Komputer Akuntansi - Akuntansi dan Keuangan Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro SMK Kelas XII Baca Selengkapnya
    29. Buku Komputer Akuntansi - Akuntansi dan Keuangan Keahlian Perbankan & Keuangan Mikro SMK Kelas XI Baca Selengkapnya
    30. Terbaru Komputer Akuntansi pada Perusahaan Jasa dengan Accurate SMK KI-KD Baca Selengkapnya
    31. Buku SMK Komputer Akutansi pada Perusahaan Dagang dengan Accurate 1C Kelas Xl Erlangga Baca Selengkapnya
    32. KOMPUTER AKUNTANSI XI SMK Baca Selengkapnya
    33. Baru Komputer Akuntansi pada Perusahaan Jasa dengan MYOB SMK KI-KD Baca Selengkapnya
    34. komputer akuntansi manufaktur dengan myob accounting SMK kelas XII revisi Baca Selengkapnya
    35. Komputer Akuntansi Kls XII SMK-C3 [K13-REV] Baca Selengkapnya
    36. Buku Komputer Akuntansi Myob SMK Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB Versi 18 Baca Selengkapnya
    37. Buku SMA SMK Sekolah Olimpiade SMA Juara OSN Kebumian Komputer Akuntansi Astronomi Best Seller Baca Selengkapnya
    38. Buku SMK Komputer Akutansi pada Perusahaan Manufaktur dengan Accurate 2A Kelas Xll Erlangga Baca Selengkapnya
    39. Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI Baca Selengkapnya
    40. Komputer Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur dengan MYOB SMK Kelas 12 XII Penerbit Erlangga Baca Selengkapnya
    41. Komputer Akuntansi C3 SMK kelas 3 Ki-KD 2018 Baca Selengkapnya
    42. Komputer akuntansi SMK kelas 3 k.13 Revisi Baca Selengkapnya
    43. Komputer Akuntansi - Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan SMK/MAK Kelas XII Baca Selengkapnya
    44. SMK MAK KELAS XI KOMPUTER AKUNTANSI KURIKULUM 2013 REVISI HUMANIORA AJ-PNDK-SMK Baca Selengkapnya
    45. Buku Komputer Akuntansi MYOB Untuk SMK, Buku 2 Irsan Lubis Baca Selengkapnya
    46. Komputer Akuntansi Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro SMK-MAK Kelas 12 Buku Asli HVS Baca Selengkapnya
    47. komputer akuntansi manufaktur dengan myob accounting SMK kelas 12 revisi Baca Selengkapnya
    48. New Komputer Akuntansi pada Perusahaan Dagang dengan Accurate SMK KI-KD Baca Selengkapnya
    49. Buku SMK Komputer Akutansi pada Perusahaan Jasa dengan MYOB 1B Kelas Xl Erlangga Baca Selengkapnya
    50. Buku SMK MAK Kelas XI dan XII Akuntansi Bisnis Manajemen Keuangan Komputer Penataan Produk pengelolaan Bisnis Ritel Baca Selengkapnya
    51. Komputer Akuntansi SMK Kelas XI Kurikulum Revisi 2013 Baca Selengkapnya
    52. Buku Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI dan XII - Agus Mulyono, S.E. dan Reham Munas MP, S.Pd. Baca Selengkapnya
    53. Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI - Agus Mulyono, S.E. dan Reham Munas MP, S.Pd. Baca Selengkapnya
    54. Buku SMK KOMPUTER AKUNTANSI MANUFAKTUR dengan ACCURATE kelas 3 KIKD18 Baca Selengkapnya
    55. Komputer Akuntansi pada Perusahaan Dagang w/ accurate Kelas 2 SMK/MAK (xi) erlangga k13 revisi KI-KD Baca Selengkapnya
    56. Buku SMK: Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI Semester 2 Baca Selengkapnya
    57. MYOB C3 2B SMK kelas 12 kurikulum 2013 revisi Baca Selengkapnya
    58. Penerbit Andi - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 1, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    59. Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 2, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    60. Komputer Akuntansi pada perusahaan Manufaktur dengan MYOB 2B untuk SMK kls 12 ERLANGGA Baca Selengkapnya
    61. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUJFAKTUR DENGAN ACCURATE SMK/MAK KELAS 12 ERLANGGA KURIKULUM 2013 KI-KD 2018 AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA | GIOVARE Baca Selengkapnya
    62. KOMPUTER AKUNTANSI KLS XII SMK MAK Baca Selengkapnya
    63. Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII - Agus Mulyono, S.E. dan Reham Munas MP, S.Pd. Baca Selengkapnya
    64. Komputer Akuntansi Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro SMK/MAK Kelas XI Baca Selengkapnya
    65. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN JASA DENGAN ACCURATE C3 1A SMK/MAK KELAS 11 ERLANGGA Baca Selengkapnya
    66. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN MYOB 2b SMK KELAS 12 ERLANGGA KI-KD 2018 Baca Selengkapnya
    67. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) SMK/MAK KLS XII KUR - 13 ED. REVISI BUMI AKSARA Baca Selengkapnya
    68. Buku SMK | Komputer Akuntansi, SMK/MAK Kelas XII Semester 2, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    69. Buku Komputer Akuntansi pada Perusahaan Dagang MYOB SMK/MAK Kelas XI Baca Selengkapnya
    70. Buku SMK Akuntansi Bisnis Manajemen Keuangan SMK kelas XII Komputer Penataan Produk pengelolaan Bisnis Ritel Baca Selengkapnya
    71. BUKU PELAJARAN ORI- Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 2 Baca Selengkapnya
    72. Buku Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 2 - Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    73. Buku SMK | Komputer Akuntansi, SMK/MAK Kelas XI, Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan; Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro Baca Selengkapnya
    74. Buku SMK Komputer Akuntansi Kelas XII Edisi Revisi 2017 Andi Offset Baca Selengkapnya
    75. "BUKU PELAJARAN ORI" Komputer Akuntansi MYOB SMK Baca Selengkapnya
    76. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI BUMI AKSARA SMK / MAK KELAS XI XII EDISI REVISI Baca Selengkapnya
    77. BUKU ASLI Andi - Buku Komputer Akuntansi Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro SMK XI Baca Selengkapnya
    78. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PRUSAHAAN JASA DENGAN MYOB 1B UNTUK SMK/MAK KLS XI Baca Selengkapnya
    79. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN JASA DEGNAN ACCURATE SMK KLS XI 1A C3 K13 REVISI Baca Selengkapnya
    80. Buku Menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang dengan myob account right premier v19 untuk siswa SMK dan awam Baca Selengkapnya
    81. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN MYOB UNTUK SMK KELAS 3 B2 NIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI DAN LEMBAGA KEUANGAN Baca Selengkapnya
    82. BUKU KOMPUTER AKUNTASI SMK / MAK KLS XI KUR - 13 EDISI REVISI ' YDS ' Baca Selengkapnya
    83. "BUKU PELAJARAN SMK ORI" Komputer akuntansi SMK mak kelas xii Baca Selengkapnya
    84. BUKU KOMPUTER AKUNTANSI XI SMK K-13 REV YUDHISTIRA ORIGINAL Baca Selengkapnya
    85. Buku Pendidikan - ACCURATE Komputer Akuntansi Untuk SMK Baca Selengkapnya
    86. Komputer Akuntansi SMK/MAK XI Buku Berbasis Riset Negara Maju Baca Selengkapnya
    87. Penerbit Andi - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 1, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    88. Penerbit Andi - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XII Semester 2, Bidang Keahlian: Bisnis Dan Manajemen, Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan, Kompetensi Keahlian: Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Baca Selengkapnya
    89. BUKU ERLANGGA (ORIGINAL) KOMPUTER AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ACCURATE SMK KELAS 3 Baca Selengkapnya
    90. Original Buku komputer akuntansi perusahaan jasa dan dagang (MYOB) untuk SMK/MAK Kelas XI Baca Selengkapnya
    91. Buku SMK Komputer Akutansi pada Perusahaan Dagang dengan MYOB 1D Kelas Xl Erlangga Baca Selengkapnya
    92. Buku SMK Komputer Akutansi pada Perusahaan Jasa dengan Accurate 1A Kelas Xl Erlangga Baca Selengkapnya
    93. Komputer Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur Dengan MYOB 2B C3 Kelas 12 XII 3 SMK Erlangga Kurikulum 2013 Revisi - Bimo Suciono Baca Selengkapnya
    94. Penerbit Andi - Komputer Akuntansi SMK/MAK Kelas XI, Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan; Kompetensi Keahlian Perbankan dan Keuangan Mikro Baca Selengkapnya
    95. Buku SMK KOMPUTER AKUNTANSI XI SMK K-13 REV YUDHISTIRA KUR 2013 REV 2017 BS-SKH-SMK Baca Selengkapnya
    96. Penerbit Andi - Komputer Akuntansi Myob SMK, Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB Versi 18 Baca Selengkapnya
    97. SMK MAK Kelas XII KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) Kurikulum 2013 REVISI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga BUMI AKSARA BUPEL AJ-PNDK-SMK Baca Selengkapnya
    98. SMK MAK Kelas XI KOMPUTER AKUNTANSI ( C3 ) Kurikulum 2013 REVISI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga BUMI AKSARA BUPEL AJ-PNDK-SMK Baca Selengkapnya
    99. Komputer Akuntansi Myob SMK, Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi MYOB Versi 18 Baca Selengkapnya
    100. Komputer Akuntansi - Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan SMK/MAK Kelas XII- Edisi Revisi 2017 Baca Selengkapnya

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel