Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)
Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang

Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar- mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan yang memadai, kompeten dan profesional. Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam pemberdayaan dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan agar tujuan sekolah dapat tercapai secara maksimal.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, sejalan dengan amanat Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, seorang kepala sekolah perlu menguasai kompetensi untuk mengelola pendidik dan tenaga kependidikan sekolah. Materi ini didesain untuk program Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah bagi kepala sekolah agar memiliki kemampuan untuk mengelola pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik dari aspek merencanakan kebutuhan, membina, memberikan kesempatan perkembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

Untuk menguasai dimensi kompetensi ini, Saudara diminta untuk mengkaji peraturan yang berkaitan dengan standar kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik, tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan sekolah, tenaga laboratorium sekolah, dan konselor. Selanjutnya berdasarkan peraturan tersebut, Saudara melakukan diskusi untuk menentukan solusi/alternatif pemecahan masalah pada studi kasus. Pada kegiatan diskusi lakukan kerjasama yang baik untuk kemaslahatan bersama.

Modul ini juga disusun dengan mempertimbangkan masalah social inclusion dengan tidak membedakan suku, agama, ras, gender dan status sosial. Selain itu, modul ini mengintegrasikan nilai-nilai karakter, yakni nilai karakter integritas (disiplin dan tanggungjawab) dan gotong royong (aktif diskusi dan kerjasama).

B. Target Kompetensi

Target kompetensi yang diharapkan pada modul ini, Saudara mampu mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumberdaya manusia secara optimal (Permendiknas No 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, kompetensi 2.6).

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

Setelah mempelajarai modul ini Saudara diharapkan dapat:
  1. Mengidentifikasi kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Menganalisis permasalahan kompetensi dan kualifikasi yang berkaitan dengan pengelolaan guru, tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan konselor untuk penentuan solusi/ alternatif pemecahan masalah secara tepat.
  3. Merancang kebutuhan guru, tenaga administrasi sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan guru BK/konselor dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku. 

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran

1) Ruang lingkup
Ruang lingkup materi yang Saudara pelajari modul ini adalah:
a) Pengelolaan Guru
b) Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah
c) Pengelolaan Tenaga Perpustakaan Sekolah
d) Pengelolaan Tenaga Laboratorium Sekolah
e) Pengelolaan Guru Bimbingan Konseling / Konselor

2) Pengorganisasian Pembelajaran
Melalui modul ini Saudara akan melakukan kegiatan-kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat, diskusi kelompok dan presentasi. Secara umum modul ini terdiri dari 7 bagian yakni:
a) Pendahuluan
b) Kegiatan Pembelajaran 1. Pengelolaan Guru
c) Kegiatan Pembelajaran 2. Pengelolaan Tenaga Administrasi Sekolah
d) Kegiatan Pembelajaran 3. Pengelolaan Tenaga Perpustakaan
e) Kegiatan Pembelajaran 4. Pengelolaan Tenaga Laboratorium
f) Kegiatan Pembelajaran 5. Pengelolaan Konselor
g) Penutup

Pada setiap kegiatan pembelajaran, Saudara akan melakukan aktifitas berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini dilaksanakan selama 6 JP (270 Menit).

Disamping itu Saudara juga diharapkan dapat mengintegrasikan kecakapan abad 21 yaitu 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); dan HOTS (Higher Order Thinking Skill, dan penguatan nilai karakter sebagai berikut:

(1) Gotong royong dalam sub nilai aktif diskusi dan kerjasama dengan kelompok dalam mencermati regulasi/peraturan yang berkaitan dengan pengelolaan PTK.

(2) Integritas dalam sub nilai disiplin dan tanggung jawab pada proses pembelajaran pada mata diklat Pengelolaan PTK.

Saudara harus mengimplementasikan berbagai pengetahuan dan wawasan yang telah Saudara peroleh setelah Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Selanjutnya Saudara diharapkan dapat mengimplementasikan pada kegiatan sehari-hari di sekolah, sehingga Saudara dapat mengambil makna dari penugasan modul pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan secara seksama dengan menguatkan karakter integritas (disiplin dan tanggungjawab), dan gotong royong (aktif diskusi dan kerjasama) pada kegiatan pembelajaran.

E. Cara Penggunaan Modul

Materi ini dirancang untuk diklat dengan pembelajaran tatap muka selama 6 Jam Pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit. Kegiatan pembelajaran mencakup aktifitas belajar mandiri untuk mengasah keterampilan bekerja secara individu dan aktifitas belajar kelompok untuk mengasah keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, bersinergi dan berkolaborasi.

Secara umum aktifitas belajar individual meliputi:
  1. Membaca materi pelatihan
  2. Menyelesaikan tugas/latihan lembar kerja (LK)
  3. Membuat rangkuman
  4. Melakukan refleksi dan tindak lanjut.

Sedangkan aktifitas belajar secara kelompok meliputi:
  1. Mendiskusikan materi pelatihan
  2. Bertukar pengetahuan (sharing knowledge), bertukar ide/gagasan (sharing ideas), bertukar pengalaman (sharing experiences) dalam menyelesaikan tugas/latihan pada Lembar Kerja.

    Download Modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download Link] Modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file modul Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel