Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas modul Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Pengembangan-Kewirausahaan (Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)
Pengembangan-Kewirausahaan (Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)

Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas modul Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang
Modul ini memberikan pemahaman kepada peserta diklat tentang berbagai aspek kewirausahaan, antara lain: jiwa kewirausahaan, nilai-nilai kewirausahaan, serta cara menumbuhkan nilai-nilai kewirausahaan dalam diri kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik di sekolah. Di samping itu, dibahas pula upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh kepala sekolah untuk membangun kemitraan dengan semua stakeholder pendidikan, seperti dengan orang tua, komite, perorangan, organisasi/lembaga kemasyarakatan, instansi pemerintahan, dunia usaha dan industri, dan lain sebagainya. Kepala sekolah hendaknya berperan aktif dalam upaya pengembangan sekolah sehingga pengelolaan pendidikan di sekolah semakin bermutu dari waktu ke waktu.

Kewirausahaan adalah salah satu kompetensi yang wajib dimiliki kepala sekolah, sebagaimana tercakup di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

B. Target Kompetensi
Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, Saudara diharapkan dapat menganalisis, menumbuhkan dan mengembangkan karakteristik kewirausahaan di sekolah sesuai standar kompetensi kepala sekolah yang tertuang dalam Permendiknas No 13 Tahun 2007, serta mampu membangun kemitraan usaha sekolah dengan para pemangku kepentingan terkait.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, diharapkan Saudara mampu:
  1. menjelaskan konsep kewirausahaan;
  2. menganalisis potensikewirausahaan di sekolah;
  3. menyusun rencana pengembangan program kewirausahaan di sekolah;
  4. menjelaskan konsep kemitraan sekolah;
  5. menganalisis prinsip-prinsip kemitraan;
  6. menyusun rencana kerjasama /mou kemitraan

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
Ruang lingkup materi yang dibahas dalam modul pembelajaran ini adalah:
  1. Kewirausahaan dalam hal mengidentifikasi konsep/ karakteristik kewirausahaan dan potensi kewirausahaan sekolah.
  2. Kemitraan sekolah dengan DU/DI, sekolah lain atau dengan lembaga/organisasi lain.

E. Cara Penggunaan Modul
Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan modul ini, maka Saudara perlu melaksanakan hal- hal sebagai berikut:
  1. Cermati pendahuluan pada modul ini yang meliputi latar belakang, target kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, ruang lingkup dan pengorganisasian pembelajaran serta cara penggunaan modul pembelajaran ini.
  2. Dalam mempelajari kegiatan pembelajaran 1 dan 2, bacalah dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada ada masing-masing kegiatan pembelajaran. Bila ada materi yang kurang jelas Saudara dapat berdiskusi dengan teman sejawat atau pengajar diklat dan dapat menggunakan referensi utama yang tertera dalam daftar pustaka.
  3. Kerjakan tugas yang tersedia pada aktivitas pembelajaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  4. Cermatilah penguatan dan rangkuman pada modul pembelajaran ini.
  5. Isilah refleksi dan tindak lanjut pada format yang telah disediakan.
  6. Kerjakan evaluasi sesuai dengan petunjuk pengerjaan masing-masing, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah Saudara miliki terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
  7. Setelah Saudara menyelesaikan evaluasi dalam modul ini, Saudara diharapkan mempelajari bagian-bagian yang belum dikuasai dari modul ini untuk dipahami secara mendalam sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah.

    Download Modul Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas modul Pengembangan Kewirausahaan(Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Pengembangan Kewirausahaan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file modul Pengembangan Kewirausahaan(Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel