Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini adalah berkas modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Download file format PDF.

Kepemimpinan-Perubahan-(Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)
Kepemimpinan-Perubahan-(Materi-Pelatihan-Penguatan-Kepala-Sekolah)

Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah):

Berkas ini adalah salah satu Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud RI Tahun 2019.

A. Latar Belakang
Modul ini memberikan pemahaman kepada peserta diklat mengenai kepemimpinan perubahan, manfaat kepala sekolah mempelajari kepemimpinan perubahan dan langkah melakukan kepemimpinan perubahan agar pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik.

Kepemimpinan perubahan adalah sebuah upaya untuk menciptakan revolusi dalam perubahan organisasi, sehingga membawa perubahan yang menjadikan semua komponen dalam organisasi itu menyatu dan saling berempati untuk membawa perubahan agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai positif terhadap organisasi.

Kepala sekolah memiliki peran strategis untuk membuat perubahan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin dituntut memiliki alternatif solusi yang tepat untuk memperbaiki kondisi sekolah yang ada. Namun demikian, untuk melakukan perubahan memerlukan pertimbangan dan cara yang tepat. Jika seorang kepala sekolah melakukan perubahan di sekolah dengan cara yang tidak tepat, bisa menjadi sebuah masalah besar baik bagi kepala sekolah sendiri, guru, staf, dinas pendidikan dan masyarakat luas. Oleh karena itu, kepala sekolah perlu memadukan konsep, prinsip dan prosedur untuk melaksanakan perubahan di sekolah, sehingga perubahan itu bisa berjalan dengan baik dan alamiah. Perubahan di sekolah diarahkan pada 3 sasaran, yakni penguatan supervisi akademik di sekolah, pengembangan kapasitas tenaga kependidikan di sekolah dan pengembangan kurikulum di sekolah. Oleh karena itu materi kepemimpinan perubahan ini dipadukan dengan kepemimpinan pembelajaran.

Kepemimpinan perubahan yang terintegrasi dengan kepemimpinan pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan kondisi baru yang lebih baik. Jika kepemimpinan perubahan dapat diwujudkan di sekolah, maka budaya lama akan tergantikan dengan budaya baru. Pola pikir lama akan digantikan oleh pola pikir baru. Perilaku lama akan diubah menjadi perilaku baru. Kebiasaan lama akan digantikan oleh kebiasaan baru. Sekolah menjadi berwajah baru. Sekolah yang melahirkan generasi baru lebih baik dan semakin baik dari waktu ke waktu.

B. Target Kompetensi
Setelah mempelajari modul kepemimpinan perubahan ini, Saudara mampu:
  1. Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumberdaya sekolah/ madrasah secara optimal
  2. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Permasalahan sekolah yang memerlukan intervensi kepemimpinan perubahan dianalisis dengan komprehensif.
  2. Kepemimpinan perubahan dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah dirancang dengan tepat.
  3. Tindakan kepemimpinan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah disusun dalam rangka menuju organisasi pembelajar yang efektif secara menyeluruh.
  4. Tindakan kepemimpinan perubahan untuk mendukung peningkatan kualitas sekolah disusun berdasarkan sumber daya sekolah secara optimal.

D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran

1) Ruang lingkup
Ruang lingkup modul kepemimpinan perubahan meliputi:
a) kepala sekolah sebagai agen perubahan;
b) kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran; dan
c) implementasi kepemimpinan perubahan.

2) Pengorganisasian pembelajaran
Melalui modul ini, Saudara bersama peserta yang lain akan melakukan kegiatan secara berkelompok melalui curah pendapat dan diskusi. Pada setiap kegiatan pembelajaran, Saudara akan melakukan aktivitas yang berbeda. Seluruh kegiatan dalam modul ini disajikan selama 6 JP @ 45 menit atau (270 menit).

E. Cara Penggunaan Modul
  1. Modul ini terdiri atas 3 bagian utama, yaitu Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran dan Penutup.
  2. Kegiatan Pembelajaran mencakup: (a). Kegiatan Pembelajaran: Kepala Sekolah sebagai Agen Perubahan, (b). Kegiatan Pembelajaran: Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran, dan (c). Kegiatan Pembelajaran: Implementasi Kepemimpinan Perubahan.
  3. Setiap kegiatan pembelajaran menyajikan informasi tentang: (a). tujuan pembelajaran; (b). indikator pencapaian tujuan; (c). materi pembelajaran dan sumber belajar; (d). aktivitas pembelajaran; (e). penguatan; (f). rangkuman; (g). refleksi dan tindak lanjut; dan (h). evaluasi.
  4. Waktu untuk mempelajari modul ini adalah 6 jam pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit.
  5. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca pendahuluan, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
  6. Aktivitas pembelajaran dilaksanakan melalui berbagai strategi seperti berpikir reflektif, tanya jawab, diskusi, studi dokumen, studi kasus, kerjasama tim, presentasi laporan, refleksi dan kegiatan lain yang relevan.
  7. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21, yakni literasi, PPK, 4C (critical thinking, creativity, collaborative, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).

    Download Modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:
    [Download] Modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file modul Kepemimpinan Perubahan (Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel