Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah

Berikut ini adalah berkas Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah. Download file format PDF.

Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah
Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru)


Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah:

Buku How to make free website: Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Siswa Di Rumah ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Banten Tahun 2020..

Tantangan Nyata

Pandemi Covid-19 memaksa dunia Pendidikan di Indonesia untuk lebih bergerak seperti biasanya. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Dengan cepat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring.

Sebagai pemimpin tertinggi di satuan pendidikan, kepala sekolah suka tidak suka, dituntut untuk membuat keputusan cepat dalam merespon surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengharuskan sekolah untuk memberlakukan pembelajaran dari rumah. Melihat kenyataan ini, banyak para guru yang kaget dan kebingungan karena harus mengajar di luar kebiasaan mereka yaitu tatap muka di dalam kelas. Dengan sendirinya para guru harus mengubah sistem, silabus dan proses belajar secara cepat dan dipaksa dengan segera untuk memanfaatkan pembelajaran DARING (dalam jaringan).

Saat ini tantangan nyata yang harus segera dicarikan solusinya oleh para guru adalah mengatasi keterbatasan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran serta membangun relasi guru-murid-orang tua dalam pembelajaran daring secara integral dalam satu wadah yang universal. 

Selama pembelajaran di rumah banyak siswa merasa tidak nyaman karena mendapat tumpukan tugas selama belajar dari rumah.

Sementara, orang tua murid merasa kaget dan stress ketika mendampingi proses pembelajaran dengan tugas-tugas yang selalu berdering melalui aplikasi Whatsapp (WA), dengan informasi yang berlanjut tetapi terpisah dalam pesan WA. Mereka tidak terbiasa harus menemani anaknya belajar terus menerus karena harus memikirkan juga keberlangsungan hidup dan pekerjaan rutin masing-masing di tengah pademi.

Kebanyakan sekolah selama ini menganggap bahwa pembelajaran daring hanya sebagai konsep yang masih jauh dapat dilaksanakan di sekolah sehingga kalaupun ada penggunaannya hanya sebatas sebagai perangkat teknis canggih untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, dan juga sebagai soal yang dielektronikan sehingga menjadi tugas yang bertumpuk setiap hari.

Semestinya pembelajaran daring dirancang sebagai cara berpikir. Pembelajaran daring dalam penerapannya harus dapat mendorong siswa menjadi pembelajaran yang aktif secara mandiri agar mereka dapat mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan sehingga dapat mengasah wawasan atau khasanah pengetahuannya yang berujung dapat menghasilkan karya, sehingga menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Sudah saatnya sekarang ini kita harus menanamkan pola pikir tentang cara baru belajar siswa untuk melakukan transformasi intelektual dalam menggunakan informasi baik oleh perorangan maupun kelompok untuk membantu dalam pengambilan strategi dan implementasi perubahan. 

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser.

Mengapa guru harus memiliki website pribadi

Website  digunakan  guru  sebagai ruang pengganti kelas di sekolah atau sebagai ruang besar secara online sebagai wadah     yang menaungi beragam aplikasi yang sifatnya online maupun offline yang digunakan guru dalam menunjang proses pembelajarannya dengan siswa secara DARING.

Meningkatan reputasi guru
Mempercepat penyampaian informasi
Mendorong kreatifitas dan kemandirian Siswa
Sebagai media pembelajaran alternatif
Dijadikan Sumber belajar
Pengembangan professional bagi guru 

Mewujudkan  pembelajaran  DARING  berbasis  website  bukan  sekedar  meletakkan materi belajar pada web kemudian diakses melalui komputer, web digunakan bukan hanya sebagai media alternative pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumen atau  informasi.  Web  digunakan  untuk  mendapatkan  sisi  unggul  yang  tidak  dimiliki kertas maupun yang lain.

“Pengalaman apa dalam pembelajaran DARING yang harus diberikan guru untuk membantu memfasilitasi tindakan berpikir agar dapat membangun makna anak?”
  • Define : menggunakan digital tools untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi (identifikasi topik atau permasalahan yang dihadapi).
  • Access : mengetahui cara dan lokasi untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi dalam ruang lingkup digital.
  • Manage : mengorganisir, mengklasifikasikan, memilah milih informasi yang ada menggunakan digital tools.
  • Integrate : menafsirkan dan menggambarkan informasi yang didapatkan dengan menggunakan digital tools untuk menyatukan, meringkas, membandingkan informasi dari berbagai sumber.
  • Evaluate : meninjau lebih jauh atau menilai sejauh mana informasi yang ada memenuhi kebutuhan dari topik atau permasalahan yang dihadapi.
  • Create : mengadaptasi, menerapkan, merancang, membangun informasi.
  • Communicate : menyebarluaskan atau menyampaikan informasi yang didapatkan terkait topik atau permasalahan yang dihadapi ke pihak luar/audiens tertentu.

Daftar isi
  1. TIK hanyalah sekedar alat. Sarana untuk mencapai tujuan. Bukan tujuan itu sendiri.
  2. Website sebagai alternative proses pembelajaran bagi siswa di rumah.
  3. Membuat Website pribadi sebagai wadah informasi pembelajaran daring bagi siswa.
  4. Mengenal Webbuilder gratis untuk pengembangan website.
  5. Menghubungkan link dari Web kita ke aplikasi lain.
  6. Mendesain tugas yang bermakna bagi siswa di website kita.
  7. Review Web kita dan terus berkarya untuk memajukan siswa.

    Download Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumahini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download Buku How to make free website: Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran Dalam Jaringan Untuk Siswa Di Rumah.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Cara Membuat Website Pribadi (Guru) Sebagai Ruang Kelas Pembelajaran dalam Jaringan untuk Siswa di Rumah. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel