Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020)

Berikut ini adalah berkas Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020). Download file format PDF.

Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020)
Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020)

Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020):

Pengantar

Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru termasuk mereka yang bekerja di satuan PAUD. Untuk dunia pendidikan di Indonesia kondisi ini merupakan hai yang tak terduga bagi guru, orang tua, dan anak. Guru, orang tua, dan anak-anak tiba-tiba harus mencari cara agar proses belajar tetap berjalan meskipun mereka di rumah dalam jangka waktu yang tidak tentu.

Sebagian satuan PAUD masih tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pada sebagian satuan PAUD yang lain, mengalami kesulitan dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil atau bahkan tidak ada. Pada keadaan seperti ini, peran Pemerintah untuk mendukung orang tua, guru, dan anak dalam pembelajaran di rumah menjadi sangat penting. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah antara lain menyediakan materi belajar pendidikan jarak jauh (PJJ) bagi semua sasaran pendidikan mulai dari jenjang PAUD, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah melalui tayangan televisi TVRI dan berbagai sumber belajar daring seperti: Rumah Belajar, PAUD Pedia, Anggun PAUD, dll.

Namun dalam implementasinya, pelaksanaan PJJ tidak selalu berjalan mulus, khusus dalam pendidikan anak usia dini masih banyak keluhan dari guru mengenai kesulitan dalam mengoperasikan computer, mengakses jaringan internet, internet tidak stabil, kesulitan mengkomunikasikan pesan ke orangtua, keulitan menyusun perencanaan pembelajaran yang sederhana dan sesuai untuk diterapkan anak di rumah melalui orangtua, dan juga kesulitan guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar anak di rumah. Di sisi lain, keluhan juga datang dari orangtua, yaitu kesulitan mendampingi anak belajar karena belum paham caranya, tidak biasa menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran anak, tidak memahami maksud pesan yang disampaikan guru, dll.

Berdasarkan berbagai masukan mengenai yang dialami guru dan orangtua, maka Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini melaksanakan fasilitasi bekerja dari rumah melalui pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Daring bagi Guru, Mitra, dan Penilik PAUD. Salah satu materi yang disajikan dalam pelatihan daring tersebut adalah Media DARING (tutorial Webex, Zoom & Google drive). Buku Saku ini merupakan pegangan pendidik dalam mempelajari Media DARING melalui panduan beberapa pertanyaan. 

Pendahuluan

Ada yang mendadak harus jaga jarak, mendadak harus sering cuci tangan, mendadak harus jadi guru, mendadak harus daring, mendadak ngurung diri di rumah, dan mendadak2 lainnya, hal-hal yang selama ini belum pernah dilakukan.

Itulah jargon-jargon yang muncul sebagai akibat dari pandemik covid-19 yang melanda dunia dan memaksa orang-orang untuk melakukan hal di luar kebiasaan selama ini. Di semua bidang kehidupan, para pegawai yang harus diliburkan, meskipun bukan berarti libur yang sesungguhnya, karena mereka tetap harus Belajar dari Rumah. Tak terkecuali dunia pendidikan, dari jenjang perguruan tinggi, pendidikan menengah, pendidikan dasar hingga pendidikan anak usia dini. Kampus-kampus tutup, dosen dan mahasiswa berkomunikasi dan belajar jarak jauh, sekolah-sekolah juga harus ditutup, lokasi belajar dialihkan untuk dilakukan dari rumah masing- masing, melibatkan para orang tua. Semua harus dilakukan berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) atau belajar dari rumah (BDR) bagi para peserta didik/siswa sekolah dan bekerja dari rumah (work from home/WFH) bagi guru.

Penerapan edaran tersebut, memaksa semua pihak harus beradaptasi dengan kebaruan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mengubah strategi dan metode KBM, dari yang konvesional dibatasi dinding dan ruang, menjadi prose KBM secara jarak jauh melalui online atau dalam jaringan (daring). Salah satu metode yang banyak diterapkan adalah dengan menggunakan aplikasi video conference. Sejalan dengan itu maka penggunaan aplikasi belajar jarak jauh menjadi kebutuhan baru yang tak terhindarkan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini sudah lekat dengan keseharian akan berubah dan bergeser secara drastis. Smartphone tidak sekadar untuk berkomunikasi, bermedia sosial sebagaimana lazimnya, kini bertambah fungsi menjadi sarana belajar, bahkan di sebagian daerah menjadi utama. Banyak cara ditempuh, beragam aplikasi dicobaterapkan, semisal aplikasi video conference Zoom yang menjadi tren tersendiri. Meskipun bukan satu- satunya, tetapi Zoom menempati posisi teratas dalam penggunaannya di Iselama pandemik covid-19. Selain Zoom, beberapa aplikasi yang menyediakan layanan video conference, ada Cisco Webex Meeting, Google Hangouts, Google Meet, Skype, dll. 

Sesuai tujuan buku saku ini akan memberikan informasi singkat tentang keberadaan kelas virtual, aplikasi-aplikasi pendukung BDR bagi pendidik PAUD fokus pada tutorial pemanfaatan aplikasi video conference dan google drive. Hal ini berdasarkan pertimbangan pendukungan kebutuhan pendidik PAUD saat BDR ini dilakukan. Tutorial penggunakan aplikasi video conference hanya dipilih 2 aplikasi yaitu Zoom dan Webex. Selain itu juga tutorial untuk pemanfaatan cloud storage Google Drive, tutorial mengunduh video dari internet, serta beberapa tips menggunakan aplikasi Whatsapp (WA).

Kelas Virtual Pendukung BDR

Apa itu kelas virtual? Kelas virtual atau disebut juga kelas maya adalah “ruang” tempat bertemunya pendidik (guru/tutor/instruktur) dan peserta didik secara virtual menggunakan aplikasi berbasis jaringan (internet/intranet). Beberapa aplikasi kelas virtual sudah ada sebelum pandemik covid-19 merebak. Antara lain Google Classroom, Edmodo, Microsoft Teams, dan lain- lain. Bahkan belakangan bermunculan aplikasi lokal seperti RuangGuru, Rumah Belajar, dan masih banyak lg lainnya.

Perangkat Minimal yang dibutuhkan

Untuk semua sistem/aplikasi Video Conference, berikut adalah spesifikasi minimal perangkat yang dibutuhkan.

1. Komputer
PC Desktop Processor Intel Core2 Duo CPU
2.XX GHz atau AMD Processor dan RAM 512 MB (Rekomendasi: RAM 2 GB)
Webcam USB / Terintegrasi

Sistem Operasi:
Windows (2003 Server, Vista 32-bit/64-bit, Minimal
Windows 7 32-bit/64-bit atau yang lebih baru). Mac OS (Minimal versi 10.6, atau yang lebih baru) Linux (Ubuntu 10x and 11x (Gnome), Red Hat 5, 6, Open SuSE 11.4 Fedora 15, 16 (all 32-bit))

Browser:
Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, Google
Chrome, Microsoft edge (Usahakan versi terbaru).

Koneksi Internet
Koneksi minimal untuk melakukan video conference adalah 512 Kbps.
SMS gateway (optional)

2. Mobile Devices / Smartphone
Dual Core CPU untuk sharing video

Sistem Operasi
Android OS 4.1+ atau versi yang terbaru
Merk HP yang sudah ditest dan berjalan lancar:
• Samsung Galaxy Series: S8, S7, S6, S5
• Samsung Note Series: Note5, Note4, Note3
• Samsung Tab Series: Pro, S2, N8xx
• Sony Xperia X Series: XZ, X Compact, X, X
performance
• Sony Xperia Z Series: Z5, Z3
• Sony Xperia Tablet Series: Tablet Z4, Z3, Z2, Z
• Google Nexus Series: 6P, 5X, N10, N7+, N5, N4
• Google Pixel
• LG G Series: G4, G3
• HTC One Series: M8
• Blackberry Series: Priv, DTEK50
• Huawei: P10, P9, Mate 9
• Xiaomi: Mix, 5, 4, 3, 2S, 2
(Semua HP Android produksi 2016 s.d. seri terbaru sudah mendukung kebutuhan video conference/ vicon).

Dan, hal yang penting adalah, semua perangkat harus: Terkoneksi Internet dan memiliki aplikasi vicon yang sudah diinstal (baik di PC maupun Mobile Devices).

    Download Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Media Daring Tutorial Webex, Zoom, Google Drive (Direktorat PAUD Kemdikbud 2020). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel