Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)

Berikut ini adalah berkas Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain). Download file format PDF.

Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)
Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)

Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain):

Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain) ini diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Kebijakan Strategis.

Pengembangan di bidang ekonomi kreatif sudah dilakukan pemerintah Indonesia sejak dibentuknya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kemudian berlanjut pada masa Presiden Joko Widodo dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan kembali menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf). Berbagai program inisiatif maupun fasilitasi untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif secara bekelanjutan terus dilakukan.

Di bidang desain, Kemenparekraf/ Baparekraf melalui Deputi Bidang Kebijakan Strategis membantu menerbitkan dan memproduksi kembali buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia, yang sejak pertama diluncurkan telah disambut baik dan mendapatkan apresiasi dari pelaku dan pemangku kepentingan jasa desain di tanah air. Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari enam asosiasi profesi yaitu Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), AIDIA – Asosiasi profesional desain komunikasi visual Indonesia, Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), dan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Buku yang proses penyusunan dan peluncurannya dilakukan pada masa Bekraf ini menjadi salah satu medium dalam membangun ekosistem industri desain yang sehat.

Desain sebagai karya intelektual saat ini masih belum mendapatkan posisi yang layak sehingga seringkali para desainer dan karyanya tidak memperoleh apresiasi yang sewajarnya. Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang jasa/industri desain kepada para pemangku kepentingan, terutama pemerintah selaku pembuat kebijakan, klien sebagai pemberi tugas, desainer sebagai pelaksana tugas, maupun dunia pendidikan desain dan masyarakat.

Daftar Isi
Sambutan
Ucapan Terima Kasih

1. Pengertian Desain
Desain dan Desainer
Bidang-Bidang Profesi Desain
Kemampuan Desainer

2. Proses Desain
Desain sebagai Pola Pikir
Tahapan Proses Desain

3. Asosiasi Profesi Desain Di Indonesia
Keberadaan Asosiasi Profesi Desain
ADGI
ADPII
AIDIA
HDII
HDMI
Peta Okupasi Profesi Desain

4. Jenis Pengadaan Jasa Desain
Proyek/Pengadaan Jasa Desain oleh
Pemerintah
Tahapan Proyek Pemerintah
Tender & Seleksi Jasa Konsultansi
Proyek Pemerintah
Pengadaan Langsung
Penunjukan Langsung
Proyek/Pengadaan Jasa Desain
oleh Swasta
Pitching
Bidding
Sayembara

5. Mengenai Pekerjaan Spekulatif
Pandangan Profesional Desain
Alasan Tidak Mendukung Pitching
Gratis

6. Cara Desainer Menentukan Biaya
Strategi Harga Layanan Jasa Desain
Cara Menghitung Biaya Pengerjaan
Suatu Proyek Desain
Termin Pembayaran
Kontrak Kerja
Rencana Anggaran Biaya (RAB)

7. Memilih Desainer yang Tepat

8. Aspek Hukum & Etika Profesi
Mengenai Hak Kekayaan Intelektual
Hak Cipta
Hak Kekayaan Industri
Aspek Legal dalam Penggunaan
Perangkat Lunak
Penggunaan Gambar Stok
(Stock Image)
Penggunaan Font untuk Kebutuhan
Komersial
Rekomendasi Font Lokal
Kode Etik Profesi
Tujuan Kode Etik Profesi

9. Penutup
Ulasan Penutup dari Asosiasi
Jenis-Jenis Dokumen dan Lampiran
Daftar Pustaka

Buku ini berisi acuan 360ยบ mengenai profesi desain yang ditujukan untuk membangun pemahaman dan penerapan yang benar dalam dunia profesi desain di Indonesia. Terlepas dari berbagai kekurangannya, para penulis berharap bahwa buku ini dapat menjadi langkah awal bersama dalam mendudukkan keberagaman profesi desain dalam kancah industri desain di Indonesia.

Semoga, melalui buku ini, pembaca mendapatkan landasan pemahaman yang lebih komprehensif terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan bidang keilmuan desain dalam dunia profesinya di Indonesia.

Dalam perjalanannya, profesi desain akan semakin berkembang di Indonesia. Seluruh tim penulis meyakini bahwa kolaborasi dalam penyusunan buku ini akan memainkan peran penting penguatan keberagaman asosiasi profesi desain dalam membangun masa depan desain Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Dengan keyakinan bersama bahwa masa depan dapat didesain dan diarahkan menjadi lebih baik, seluruh asosiasi profesi desain di Indonesia akan terus berupaya untuk membangun eksistensi profesi desain yang tetap sesuai dengan tuntutan zaman.

    Download Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain). Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel