Proses Desain

Berikut ini adalah berkas mengenai Proses Desain. Download file format PDF.

Proses Desain
Proses Desain

Proses Desain

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Proses Desain dari isi berkas Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain:

Desain Sebagai Pola Pikir

Proses desain adalah sebuah rangkaian pekerjaan yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan (yang tidak selalu harus berurutan) yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Walaupun setiap desainer memiliki deskripsi sendiri atas proses desainnya, namun secara umum pada setiap pekerjaan di bidang desain apapun, tahapan-tahapan tersebut memiliki kesamaan, serta tidak dipengaruhi oleh skala besaran pekerjaan. Perbedaan utama dari proses desain pada masing-masing bidang profesi desain terletak pada kompleksitas bidang garapannya.

Pola pikir desain (Design Thinking) merupakan metode berpikir yang secara dinamis mendorong ragam pendekatan dan tindakan yang didasari keinginan untuk menciptakan inovasi sebagai solusi. Pendekatan dan tindakan yang dimaksud dapat berupa campuran berpikir imajinatif dan kritis, divergen-konvergen, dan berlandaskan percobaan-percobaan berbagai kemungkinan (trial-error). Metodologi ini sangat penting dalam mengatasi permasalahan yang kompleks, belum terdefinisikan atau tidak diketahui inti permasalahnya. 

Tahapan Proses Desain

Secara umum ada lima tahapan dalam proses desain yang harus dipahami, dilalui, serta dikelola dengan baik dalam setiap pekerjaan desain, tidak hanya oleh desainer sebagai penyedia jasa desain, namun juga oleh klien sebagai pembeli jasa desain. Oleh sebab itu, selain menguasai proses penciptaan yang bermakna (creativity), desainer juga perlu menguasai pengelolaan terhadap tahapan proses desain (design management) tersebut agar menghasilkan proses yang komprehensif dan memudahkan desainer untuk mengkomunikasikan nilai proses desainnya kepada klien. Tahapan yang dimaksud secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut. 

1. Tahapan Pendefinisian (Define)

Pendefinisian dapat dijadikan langkah awal bagi seorang atau tim desainer untuk memahami fondasi dari kegiatan desain yang akan dilakukan; dalam suatu proyek hal ini disebut sebagai penjelasan klien (client brief). Pada tahapan ini dilakukan identifikasi dan definisi yang jelas tentang tujuan, sasaran, batasan dan ruang lingkup, batasan waktu, asumsi-asumsi, peluang-peluang inovasi, dan hal-hal lain yang menyangkut pekerjaan desain. Penjelasan ini harus disepakati dan ditetapkan bersama-sama dengan klien. Tahapan ini penting untuk dilalui karena akan memberikan kerangka kerja yang jelas untuk pelaksanaan sebuah pekerjaan desain.

Kerangka kerja tersebut tidak dimaksudkan untuk membatasi proses kreatif desainer atau tim desain yang terlibat dalam pekerjaan desain, namun justru ditujukan agar pelaksanaan pekerjaannya lebih efektif dan efisien karena dapat menjadi fondasi untuk berkembangnya gagasan- gagasan yang sangat berhubungan dengan akar permasalahannya. Kerangka kerja ini juga berfungsi membangun akuntabilitas pekerjaan yang harus dipertanggungjawabkan kepada klien. Demikian pula bagi klien, kerangka kerja tersebut dapat memudahkan klien untuk mengerti, memahami, serta mengawasi keseluruhan pekerjaan desain, sejak pekerjaan dimulai sampai pada hasil akhir. 

Dalam siklus proses desain, tahapan pendefinisian ini dapat dilakukan berulang kali, terutama ketika mendapat hasil riset atau evaluasi dari permasalahan yang memengaruhi perubahan tujuan desainnya, serta apabila terdapat gagasan atau percobaan baru yang mungkin memerlukan pendefinisian ulang kegiatan desainnya. Keterlibatan klien pada setiap tahapan pendefinisian sangat diperlukan karena pada akhirnya luaran pekerjaan desain akan menjadi solusi spesifik dan unik dari permasalahan desain yang dihadapi klien. 

2. Tahapan Penelitian (Research)

Tahapan penelitian berisi kegiatan pengumpulan dan penganalisisan informasi terkait fakta tentang permasalahan yang akan dipecahkan. Penelitian yang dimaksud antara lain dilakukan dengan cara berikut ini:
  • penggalian informasi mengenai aspek fisik, sosial, psikologis, dan ekonomi klien dan calon pengguna yang harus dipertimbangkan untuk lebih memahami keseluruhan masalah;
  • persepsi mengenai aspek-aspek terkait langsung dengan permasalahan desain seperti aspek pengguna, pendapat ahli yang dapat menawarkan wawasan berbeda terkait dengan masalah, atau referensi yang memiliki kemiripan dengan permasalahan desain yang dihadapi; dan
  • diagram visual/infografis mengenai tujuan, sasaran, pernyataan masalah, dan dinamika perilaku pengguna (Ini biasanya membantu desainer untuk memvisualisasikan dan mengatur informasi secara kontekstual dan relevan).

Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menggunakan beragam metode, seperti observasi, wawancara, riset literatur, dan diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion), baik riset secara kualitatif maupun secara kuantitatif.

Pada tahapan riset ini, desainer harus memiliki kepekaan terhadap fakta-fakta terkait permasalahan yang muncul, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak langsung, dan kemudian dihubungkan dengan kebutuhan klien. Di sisi lain, klien harus dapat secara terbuka menyediakan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan, terutama yang bersifat visi dan rencana strategisnya ke depan.

Tujuan utama riset adalah agar terbentuk pemahaman masalah yang lebih komprehensif dari berbagai sektor kehidupan manusia, terutama tentang faktor keberlanjutan lingkungan dan sosial, kemajuan zaman dan keterpakaian solusi pada masa depan. Oleh sebab itu, peran riset sangat besar dalam rangka mendapatkan solusi desain yang bersifat berkelanjutan (sustainable) dan berjangka panjang (long-lasting).

Data dan informasi tersebut kemudian diperiksa, dikonfirmasikan, dianalisis, diorganisasikan, dan dirumuskan sehingga dapat menjadi landasan pemahaman desainer tentang inti/jati diri permasalahannya. Oleh sebab itu, desainer juga sebaiknya dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengoleksi data, menganalisis, mengorganisasi, dan mengevaluasi informasi.

3. Tahapan Penggagasan (Ideation)

Pada tahapan penggagasan, desainer melakukan kegiatan eksplorasi berbagai kemungkinan kebaruan dengan mengutamakan imajinasinya. Penggagasan dapat dikembangkan melalui forum diskusi berupa brainstorming yang menyuburkan tumbuhnya gagasan-gagasan, pembuatan sketsa-sketsa untuk mengkonkretkan gagasan, dan simulasi-simulasi lainnya untuk memunculkan alternatif kemungkinan solusi terhadap permasalahan desain. Pada tahapan ini, klien dapat dilibatkan dalam prosesnya, sekaligus dapat dijadikan cara untuk mengedukasi klien tentang proses desain.

Hasil tahapan ini kemudian dikritik untuk mendapat rekomendasi pilihan terbaik berupa konsep desain yang kemudian dapat dijadikan acuan pada tahapan pengembangan visual/artefak desain (design brief). Faktor yang dapat digunakan sebagai kriteria penilaian pemilihan konsep terbaik, antara lain mengenai kualitas luaran berupa daya tarik/estetika objek, kepraktisan penggunaan, keterjangkauan produksi, kenyamanan penggunaan, serta kualitas capaian berupa efektivitas promosi reputasi dan citra klien, kepuasan pemangku kepentingan, loyalitas pengguna, efek positif terhadap lingkungan, budaya dan sosial, serta muatan edukatif dan inspiratif lainnya. 

4. Tahapan Pengembangan (Development)

Pada tahapan pengembangan, konsep mulai dikembangkan secara konkret dengan menimbang kualitas tampilan bentuk, warna, tekstur, material, dan teknik perwujudan terhadap kriteria luaran dan capaian konsep. Berbagai kemungkinan model/mock-up mencapai tampilan purwarupa yang optimal (prototyping) dikembangkan berdasarkan konsep. Desainer membuat beberapa alternatif tampilan yang didiskusikan dengan klien untuk mencapai keyakinan atas satu model desain yang nantinya akan diimplementasikan atau direproduksi.

Dalam tahapan ini, desainer dituntut untuk memiliki kepekaan menciptakan wujud (craftmanship) dan kepekaan mengevaluasi serta memperbaiki tampilan didasari objektivitas dari konsep. Desainer dapat melakukan pengembangan secara mandiri atau berkolaborasi dengan berbagai produser, artisan, perajin, pengembang, untuk mendapatkan kualitas tampilan yang optimal.

5. Tahapan Implementasi (Implementation)

Setelah hasil pengembangan dipresentasikan dan disetujui klien maka proses selanjutnya adalah menyiapkan karya desain akhir untuk siap diimplementasikan atau diproduksi. Hasil desain akhir biasanya dilengkapi dokumen arahan produksi atau penjelasan desain, misalnya berupa design rationale, brand guidelines, panduan teknis, gambar kerja, skema material, dan arahan produksi. Tidak jarang pula pada tahapan ini, karya desain akhir juga diwujudkan dalam bentuk model/mock-up dan purwarupa dalam jumlah terbatas sebagai contoh atau arahan produksi.

Penting untuk dipahami bahwa dokumen tersebut harus disiapkan secara cermat dan teliti, menjelaskan proses dan hasil dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan dari awal sampai dengan hasil akhir dari keseluruhan kegiatan pekerjaan desain agar dapat dipahami dengan baik oleh klien, dan jika dokumen-dokumen tersebut diintisarikan, akan dapat dipublikasikan untuk peningkatan pemahaman desain pada masyarakat.

Untuk mendorong inovasi serta mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan desain, perlu dilakukan pengujian-pengujian dan evaluasi pada setiap tahapan, baik terhadap prosesnya maupun terhadap luarannya. Kelima tahapan tersebut dapat dilakukan secara berulang-ulang, bahkan pula dapat dilakukan secara simultan, sampai hasil akhir pekerjaan desain dianggap telah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Perlu koordinasi, komunikasi, dan kerja sama yang baik antara desainer dan klien agar pekerjaan desain dapat terlaksana sesuai dengan kerangka kerja yang disepakati serta mendapatkan
hasil terbaik.

    Download Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain

    Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain) ini diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Kebijakan Strategis. Selengkapnya mengenai Proses Desain dalam Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain (Proyek Desain)

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Proses Desain dan share file Buku Dasar Pengadaan dan Pengelolaan Jasa Desain. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel