Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah

Berikut ini adalah berkas Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah. Download file format PDF.

Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah
Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah

Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah:

Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah ini diterbitkan oleh Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku ini merupakan salah satu usaha untuk merealisasikan amanat Gerakan Nasional Revolusi Mental itu dalam konteks pendidikan di Indonesia. Karena itu, buku Pendidikan Karakter melalui Sejarah ini juga mempergunakan tiga basis pendekatan PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah PPK yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu pendidikan karakter melalui sejarah berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui sejarah, baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra-kurikuler, yang dijabarkan dalam buku ini merupakan kumpulan praktik baik yang sudah banyak dilakukan di sekolah-sekolah.

Direktorat Sejarah mengharapkan buku ini dapat menjadi buku rujukan untuk memahami Penguatan Pendidikan Karakter melalui Sejarah, sehingga para guru, orang tua dan masyarakat dapat mengembangkan berbagai macam aktivitas dan program yang mendukung pembentukan nilai-nilai Pancasila bagi peserta didik.

Buku ini bukanlah sebuah acuan yang menyeluruh tentang bagaimana pendidikan karakter diintegrasikan dalam pembelajaran sejarah, melainkan memberikan ide-ide pokok dan praktik baik tentang pembelajaran sejarah yang sudah banyak dilakukan di berbagai sekolah. Kami menyambut berbagai macam inisiatif kreatif dalam pemelajaran sejarah yang disesuaikan dengan kondisi dan konteks lingkungan setempat.

Buku panduan ini secara khusus berfokus pada pendidikan karakter berbasis budaya sekolah. Dalam konteks pembelajaran sejarah, pendidikan karakter berbasis budaya sekolah dilakukan melalui berbagai macam bentuk kegiatan, seperti pembiasaan, pengembangan sekolah berwawasan sejarah, dan program-program serta kegiatan yang terkait dengan pengembangan pembelajaran sejarah di satuan pendidikan.

Ciri khas pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah berbasis budaya sekolah adalah ruang lingkup dan pelakunya. Dari sisi ruang lingkup, pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah berbasis budaya sekolah memiliki cakupan lebih luas daripada yang berbasis kelas. Bila pendidikan karakter berbasis kelas hanya membatasi corak relasional guru dan siswa dalam proses pembelajaran, pendidikan karakter berbasis budaya sekolah memiliki cakupan lebih luas dari sekedar batas-batas dinding kelas, namun tetap berada dalam lingkungan sekolah. Kegiatan dalam pendidikan karakter berbasis budaya sekolah melalui pembelajaran sejarah melibatkan banyak individu di dalam komunitas sekolah.

Dari sisi pelaku, pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah berbasis budaya sekolah melibatkan seluruh warga sekolah, seperti guru, siswa, tenaga kependidikan, karyawan, pegawai, dll. Mereka ini adalah individu-individu yang menjadi pelaku utama di lingkungan pendidikan, mulai dari pintu gerbang sekolah, seperti petugas keamanan, misalnya, serta guru, siswa, sampai pucuk pimpinan tertinggi di sekolah, yaitu kepala sekolah.

Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah melalui sejarah dilakukan melalui 7 sikap dan kegiatan, yaitu keteladanan, pembiasaan, pendampingan, pengembangan tradisi sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, evaluasi norma dan peraturan sekolah, dan pengembangan lingkungan sekolah yang kaya sejarah.

DAFTAR ISI

Sambutan Direktur Jenderal Kebudayaan
Pengantar Direktur Sejarah

MEREALISASIKAN REVOLUSI MENTAL
Latar Belakang
Lima Kelompok Nilai
Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah
Tujuan
Sasaran
Cara Mempergunakan Buku 

RELEVANSI SEJARAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER 
Relevansi Sejarah dalam PPK
Tiga Tahapan Pembelajaran Sejarah
Pentingnya Melek Sejarah 
Keterampilan Kunci
Prinsip Pelaksanaan PPK melalui Sejarah

PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH MELALUI SEJARAH
PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah

INOVASI-INOVASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH MELALUI SEJARAH 
Keteladanan
1. Pembiasaan
2. Aktifitas
Pengembangan Lingkungan Sekolah

PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA 

    Download Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku PPK Berbasis Budaya Sekolah Melalui Sejarah. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel