Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD

Berikut ini adalah berkas Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD. Download file format PDF.

Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD
Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD

Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD:

Buku Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD ini diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan UNICEF. Penyusun: Tim Direktorat Pembinaan PAUD dan Tim Yayasan Pembangunan Citra Insan Indonesia (YPCII).

PENGANTAR

Pedoman dan buku saku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyelenggara dan guru PAUD dalam menciptakan lingkungan satuan PAUD yang aman, bersih, sehat, nyaman, dan menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi peserta didik, serta memberikan edukasi kepada orang tua untuk membiasakan hal yang serupa saat di rumah.

Untuk mendukung proses pembiasaan hidup bersih dan sehat, pengelola dan pendidik PAUD harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan mudah diakses oleh semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas. Dengan prinsip ketersediaan sarana dan prasarana yang aman, bersih, sehat dan nyaman harus menjadi perhatian bagi pengelola dan guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sekaligus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan satuan PAUD dalam mendukung tumbuh dan berkembang bagi peserta didik. Oleh karena itu, satuan PAUD merupakan sasaran strategis dalam menanamkan nilai-nilai positif kepada anak usia dini, serta memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat baik bagi peserta didik, keluarga maupun masyarakat.

Pedoman Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD ini disusun untuk memberikan acuan tentang bagaimana program dimaksud dapat dilaksanakan di tingkat Satuan PAUD. Dalam pedoman ini menjelaskan bagaimana satuan PAUD dapat memenuhi sarana dan prasarana sanitasi yang memadai, layak serta sesuai standar. Bagaimana pula mengenalkan dan menerapkan PHBS kepada anak-anak PAUD, seperti buang air besar di jamban, mencuci tangan menggunakan sabun, dan minum air yang sehat. Demikian pula bagaimana menjaga sarana dan prasarana sanitasi agar bisa berkelanjutan melalui manajemen program PHBS berbasis PAUD.

Daftar Isi

Kata Sambutan
Kata Pengantar 
Daftar Isi 
Latar Belakang
Tujuan Penulisan Buku Saku 
PENGERTIAN HIGIENE DAN SANITASI
KEBERSIHAN PRIBADI
HIGIENE PANGAN
SANITASI LINGKUNGAN
APA SAJA YANG MENJADI SUMBER DAN MEDIA PENULARAN PENYAKIT?
BEBERAPA PENYAKIT YANG UMUM DIDERITA ANAK-ANAK
Penutup

Latar Belakang

Berbagai penyakit infeksi yang berhubungan dengan higiene dan sanitasi, antara lain diare, kecacingan, ISPA, polio, typhus, penyakit kulit dan penyakit mata, merupakan penyakit yang paling sering diderita oleh anak-anak.

Selain menyebabkan kematian, infeksi yang berulang akan menyebabkan anak menderita kekurangan gizi. Kekurangan gizi yang berlangsung secara kronis akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga secara fisik anak tidak mencapai tinggi yang optimum dan perkembangan otaknya akan terhambat, Dampaknya adalah rendahnya kemampuan kognitif anak.

Buruknya kondisi lingkungan sekolah serta tidak tersedianya air dan sarana sanitasi yang layak dan aman, membuat sekolah menjadi tempat yang tidak aman dan aman bagi anak.

Tujuan Penulisan Buku Saku

  1. Sebagai sumber informasi bagi guru dan kepala sekolah untuk mengembangkan kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di layanan PAUD.
  2. Sebagai sumber informasi bagi guru dan Kepala Sekolah untuk mendorong orangtua murid agar melanjutkan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah masing-masing.

    Download Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    [Download] Buku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share fileBuku Saku Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PAUD. Semoga bisa bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel